Menelusuri Jejak Nenek Moyang Orang Sunda

(Oleh Emha Ubaidillah, Catatan Terjemahan Drs Yosep Iskandar)

BagianXI

Persiapan di Gunung Sawal

DARI ulasan sebelumnya, telah tertelusuri beberapa nama kerajaan yang terbilang besar di Jawa Barat. Dari mulai Salakanagara, Tarumanagara, Galuh, Sunda hingga ke Indraprahasta. Tentunya kita akan bertanya, koq ada kerajaan Sunda?

Catatan lainnya menegaskan bahwa Jawa Barat dan Jawa Tengah, dahulunya bisa disebutkan ‘tunggal sadulur’ yang diwakili tali persaudaraan keluarga keraton Galuh dan Kalingga, hanya saja kalau dihitung melalui kaca mata budaya maka Jawa Barat lebih dulu memiliki tatanan kenegaraan daripada Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hal ini diwakili oleh dua kerajaan ‘paling lawas’ di Nusantara yaitu Salakanagara dan Tarumanagara.*

Baca Juga  Shaum Sebagai Perisai Api Neraka

Ketika Sang Purbasora merebut tahta Galuh, Sang Sanjaya putra dari Prabu Sena-Sanaha sedang berada di Bumi Mataram (Kalingga Utara) bersama neneknya, Dewi Parwati. Betapa murkanya, Sang Sanjaya tatkala menyaksikan Sang Ayah terusir dari tahta Galuh namun dengan sekuat tenaga Sang Sena meredam api dendam putranya.

Ia sangat tidak mengharapkan pertumpahan besar di antara anak-cucu mendiang Praburesi Wretikandayun selaku pendiri Kerajaan Galuh.