News  

Kabel di Kota Bandung Mulai Dialihkan ke Bawah Tanah

POTENSINETWORK.COM – Pemkot Bandung mulai menurunkan kabel udara fiber optik yang selama ini seliweran di atas jalan.

Kini, kabel jaringan telekomunikasi dipindahkan ke infrastruktur di bawah jalan atau lebih familiar disebut sistem ducting.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, menyatakan, saat ini sudah tersedia fasilitas ducting di 13 ruas jalan.

Untuk eksekusi pertama, lanjutnya, penurunan jaringan kabel telekomunikasi dilakukan di Jalan Ir. H. Djuanda, yakni mulai dari simpang empst Riau hingga ke Simpang Dago.

Baca Juga  Seratus Lebih Warga Mengungsi Akibat Pergerakan Tanah di Blitar

Kemudian 12 jalur lainnya terdapat di Jalan RE. Martadinata (Jl. Wastukancana – Jl. A Yani), Jalan Ahmad Yani (Simpang 5 – Rel Kereta Api), Jalan Naripan (Jl. Sukarno – Jl. Sunda), Jalan Sudirman (JL. Asia-afrika – Jl. Astana Anyar), Jalan Cibadak (Jl. Otista – Jl. Astana Anyar), dan Jalan Buahbatu (Jl. BKR – Jl. Bypass).

Selanjutnya di Jalan Moch Toha (Jl. BKR – Jl. Bypass), Jalan Kopo (JL. Peta – Pintu Tol CIpularang), Jalan Wastukancana (Seputar Balaikota, Sisi Balkot), Jalan Aceh (Jl. Wastukancana – Jl. Sumatra), Jalan Jakarta (Seputar Kiara Artha Park, Sisi KAP), Jalan Cibaduyut (Sepanjang trotoar)

Baca Juga  Pemandu Wisata Diduga Tak Punya Sertifikat, Eril Semula Tak Mau Berenang Namun…

“Alhamdulillah selama ini Pemkot sebetulnya sudah punya fasilitas ducting, lubang-lubang untuk kabel di beberapa ruas jalan. Hari ini mulai aktivasi, pertama kita lakukan di koridor Jalan Dago,” ucap Yana seusai menurunkan kabel di Jalan Ir. H. Djuanda, Jumat (17 Desember 2021).