News  

Kota Bandung Siapkan 20 Pos Pengamanan Hadapi libur Nataru

Foto: humas bandung

POTENSINETWORK.COM – Pemkot Bandung telah menyiapkan sejumlah lagkah strategis guna mencegah terjadinya peningkatan kasus covid-19, khususnya dalam menghadapi libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Langkah tersebut disiapkan menyusul terbitnya Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No. 66 Tahun 2021 yang mengatur pergerakan masyarakat selama libur Natal dan tahun baru (Nataru), mulai dari kegiatan ibadah hingga perayaan pergantian tahun.

Dari hasil Rapat Terbatas (Ratas) Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), pemkot bersama jajaran Polrestabes telah menyiapkan 20 pos pengamanan di titik-titik tertentu yang dinilai rawan terjadinya kerumunan saat Nataru.

Baca Juga  Ingin Ikut Demo Mahasiswa, 14 Pemuda Diintrogasi Polisi

Beberapa pos tersebut di antaranya 16 pos pengamanan (pospam), dan 4 pos pelayanan masyarakat yang akan ditempatkan di Terminal Leuwi panjang, Terminal Cicaheum, Stasiun Kiaracondong, dan Stasiun Bandung.

“Kalau dari pihak TNI/Polri akan melibatkan 2.608 personil, dan pihak TNI/Polri sudah melakukan gelar pasukan,” tutur Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana usai ratas di Balai Kota Bandung, Jumat (24 Desember 2021).

Nantinya, lanjutnya, di setiap pos juga akan ditempatkan personel dari Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB), dan tenaga kesehatan (Nakes).

Baca Juga  Banjir Rendam Ratusan Rumah Rumah Warga Boalemo, Tim Gabungan Sedot Genangan Air

“Untuk di pospam itu melibatkan berbagai unsur termasuk Damkar dan nakes itu kita siapkan juga vaksinasi dan tes acak. Karena khawatir terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan, jadi bisa kita tangani secepat mungkin,” ungkapnya.