Menkeu: Kunci Penting Komitmen pada Perubahan Iklim adalah Financing dan Teknologi

Foto: Tangkapan Layar

POTENSINETWORK.COM – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, menyatakan climate change atau perubahan iklim merupakan tantangan global yang luar biasa rumit dan memiliki pengaruh yang sangat nyata.

Menurutnya, kunci yang sangat penting dalam menerjemahkan komitmen nasional dan global terkait perubahan iklim dengan aksi nyata atau action.

“Kunci yang sangat penting di dalam menerjemahkan komitmen menjadi action adalah financing dan teknologi,” ungkap Menkeu dalam Acara Tempo Economic Briefing 2022 “Hadapi Bersama Perubahan Iklim dan Strategi Ekonomi Hijau” secara daring, Selasa (14/12).

Baca Juga  Satu Desa Terendam Banjir, Akibat Tanggul Sungai Jebol

Menkeu menyampaikan, di dalam forum global ia bersama Menkeu yang lain dalam koalisi Menteri-Menteri Keuangan untuk melaksanakan climate change menjadi sebuah kebijakan aksi yang konkrit. Salah satunya dengan mendesain Energy Transition Mechanism (ETM).

“Karena semua negara yang pasti akan makin membangun, pasti membutuhkan energi atau listrik yang makin banyak. Namun bagaimana kebutuhan energi yang makin tinggi tidak disertai dengan emisi CO2 yang makin tinggi atau buruk, sehingga menyebabkan climate change menjadi terjadi,” ujar Menkeu.

Untuk membuat ETM, Indonesia bekerja sama secara global, namun juga di dalam negeri bersama dengan PLN dan dunia usaha untuk bisa melakukan desain transisi yang affordable.

Baca Juga  Warga Terluka, Angin Puting Beliung Terjang Kabupaten Penajam Paser Utara

“Ini adalah desain yang sedang kita pikirkan,” ungkap Menkeu.

Selain melalui ETM, sumber lain yang sangat besar potensinya untuk menangani perubahan iklim dari sisi forestry dan land use.