MPP Kabupaten Bandung Termegah dari 50 Mall Lainnya di Jawa Barat

Potensi Network, Bandung,- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo, menegaskan, mall pelayanan publik (MPP) yang dimiliki Pemkab Bandung termegah dari 50 mall lainnya se – Jawa Barat.

Selain tempatnya bersih dan rapi, mall yang berada.di munara 99 itu, juga dilengkapi fasilitas tempat bermain anak dan perpustakaan.

“MPP ini dapat mempercepat proses pelayanan publik, sebagaimana diinisiasi Pak Bupati dan disupport oleh Pak Gubernur,” ujarnya usai meresmikan MPP Kabupaten Bandung, Soreang, Rabu (8/12).

Baca Juga  Rp 250 Ribu/Bulan, Tunjangan Insentif Guru Madrasah Bukan PNS Cair Juni

“MPP Kabupaten Bandung menjadi yang termegah dari 50 mal lainnya. Ini diharapkan, bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya,” sambungnya.

Menurutnya, ada beberapa kebijakan dari pemerintah provinsi untuk mempercepat pelayanan publik, setidaknya ada studi tiru dari beberapa kota. Seperti Bekasi, Karawang, Sumedang, sekarang Kabupaten Bandung.

Ada sekitar.27 layanan yang dilakukan di MPP, diantaranya ; pembuatan KTP, SIM, STNK dan pembayaran pajal.

“Tidak harus punya gedung yang baru, yang penting satu atap, terintegrasi ke seluruh instansi terkait,” tutur Tjahjo.

Baca Juga  Dengan 1.000 Takjil, Plt Wali Kota Ajak Warga Bandung Taat Pajak

Sementara Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan, untuk mendapatkan pelayanan masyarakat cukup datang ke MPP .

“Termasuk di Bekasi jadi ada pilihan, akad nikah pun bisa di MPP selain menghemat biaya buku nikahnya langsung dikasihkan. Ini menjadi contoh, bahwa negara hadir pada masyarakat,” ujarnya.

Kang Emil, biasa disapa, menegaskan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, selain melakukan pembinaan dan dorongan juga memberikan insentif anggaran dalam bentuk bantuan keuangan. Melalui prestasi dari kota/kabupaten yang melaksanakan reformasi birokrasi, yang menjadi program pemerintah pusat.(e)