Pesantren Tetap Aman Bagi Anak-anak, Wagub Buka MQK Jabar Tahun 2021

POTENSINETWORK – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum membuka Kegiatan Musabaqoh Qiro’atul Kutub (MQK) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021, di Hotel Sultan Raja Jalan Raya Soreang Kabupaten Bandung, Kamis (16/12/2021) malam.

Uu menyebut, MQK merupakan bentuk syiar Islam dalam upaya membentuk masyarakat yang berakhlakul karimah sejalan dengan visi pembangunan Jabar, Juara Lahir Batin, yang seiring pula dengan nawacita terkait pembangunan manusia yang berkarakter.

“Hari ini adalah salah satu upaya kelompok umat Islam dalam rangka memantapkan nilai- nilai beragama dalam berbangsa dan bernegara,” katanya.

Baca Juga  Hadits yang Menegaskan Pemimpin Derah yang Adil

Selain itu, lanjut dia, MQK diselenggarakan sekaligus sebagai ajang mengevaluasi sejauh mana pencapaian para santri Jawa Barat dalam menyerap ilmu selama belajar di pondok pesantren.

Menurut dia, substansi yang paling mendasar bagi seorang santri adalah mempelajari kitab kuning.

Masih Menurut dia, mampu memahami kitab-kitab bersama dengan guru yang jelas riwayat ilmunya merupakan syarat utama bagi seorang murid dapat dikatakan sebagai santri.

“Karena seorang santri tidak bisa memperdalam ilmu agama kalau tidak bisa membaca kitab kuning, tidak cukup membaca buku tapi juga harus ada guru, harus benar sanadnya, jadi jelas riwayat ilmunya,” ucapnya.

Baca Juga  Atalia:Vaksinasi Lindungi Anak-anak Jawa Barat