News  

Sekda Jabar Buka Kejuaraan Piala Gubernur Cabor Anggar 2021

POTENSINETWORK.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat (Jabar) Setiawan Wangsaatmaja membuka secara resmi kejuaraan Piala Gubernur Jawa Barat Cabang Olahraga (Cabor) Anggar bertajuk West Java Fencing Championship 2021 di Grand Asrilia Hotel, Kota Bandung, Rabu (8/12/2021).

Setiawan mengatakan, kejuaraan ini menjadi salah satu strategi Jabar dalam mempersiapkan atlet-atletnya pada cabor anggar guna menghadapi kompetisi tingkat nasional maupun internasional.

“Kejuaraan ini sangat strategis. Kita sebagai tuan rumah, artinya bahwa kita pun bisa mengerahkan seluruh atlet terbaik yang ada di Jabar untuk bisa berkiprah di sini dan melihat peta dari nasional,” ujar Setiawan.

Setelah terhenti selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, kompetisi anggar tersebut menarik animo para atlet. Hal itu terlihat dari jumlah peserta yang mencapai 253 orang dari 19 provinsi di Indonesia. Menurutnya, itu dapat menjadi momentum yang tepat untuk mencari bibit-bibit baru di cabor anggar, untuk kemudian disiapkan mengikuti kejuaraan-kejuaraan mendatang.

Baca Juga  Banjir Genangi Ratusan Rumah Rumah Warga Kota Bengkulu Berangsur Surut

“Kejuaraan ini kan diikuti sembilan belas provinsi lainnya, jadi ajang ini bagus sekali untuk mencari bibit-bibit berikutnya untuk atlet Jawa Barat sebetulnya,” ucapnya.

“Dan sekaligus untuk mempersiapkan (para atlet dalam menghadapi) kejuaraan-kejuaraan di masa yang akan datang,” tambahnya.

Setiawan menyebutkan, prestasi para atlet cabor anggar di Jabar sangat cemerlang. Pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua lalu, kontingen anggar Jabar berhasil mencapai target dua medali emas.

Untuk itu, Setiawan bertekad mempertahankan dan terus meningkatkan potensi atlet cabor anggar di Jabar. Guna mewujudkan hal tersebut, Setiawan mengatakan, pihaknya terus memperkuat koordinasi dengan Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Jabar.

Baca Juga  Massa STM Ikut Turun, Protes Pemerintahan Jokowi

“Kemarin kan di PON kita berhasil untuk meraih dua medali emas. Oleh karena itu, kami terus ingin berproses supaya ada kaderisasi, intinya seperti itu,” kata Setiawan.

“Kami butuh tidak hanya eksekutif, tapi juga legislatif untuk terus mendorong kami. Kebetulan Ketua IKASI untuk Jawa Barat memudahkan kita berkoordinasi, karena kita pun sangat ingin olahraga ini terus berkembang dengan baik,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Besar (PB) IKASI Agus Suparmanto sangat mengapresiasi gelaran piala gubernur cabor anggar ini. Menurutnya, kehadiran pemerintah daerah di bidang olahraga menjadi penting sebagai bentuk pembinaan prestasi para atlet.

Agus berharap, kejuaraan anggar ini dapat direplikasi oleh pemerintah daerah lainnya di Indonesia.

Baca Juga  Histeria Emak-emak Pecah Saat Syahrul Gunawan Nasuki Ruang Pertemuan Reses Yanto Setyanto

“Event pertandingan yang diprakarsai oleh Pemda Provinsi Jawa Barat ini saya sangat mengapresiasi. Saya berharap mudah-mudahan pemda yang lainnya mengikuti, karena acara olahraga seperti ini perlu dihadiri oleh pemerintah, khususnya pemerintah daerah,” tutur Agus.

“Juga saya harapkan, (kompetisi) ini bisa terus diadakan tahun-tahun berikutnya, karena ini pembinaan prestasi untuk ke taraf internasional,” katanya.

West Java Fencing Championship 2021 ini digelar selama tiga hari, mulai tanggal 8 hingga 10 Desember 2021. Selain Piala Gubernur Jabar, para peserta juga memperebutkan hadiah total senilai Rp123 juta.

Adapun penyelenggaraan kompetisi anggar ini sudah mendapatkan izin dari Satgas COVID-19 Kota Bandung dan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.(p)