Banjir Kembali Landa Jember, Kini Meluas Hingga Lima Kecamatan

POTENSINETWORKCOM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur melaporkan, wilayahnya kembali dilanda banjir pada Kamis, (20/1) pukul 21.50 WIB.

Sebelumnya, Senin (17/1) banjir merendam tiga desa di tiga kecamatan, kali ini banjir meluas hingga merendam lima kecamatan dengan Tinggi Muka Air (TMA) bervariasi mulai dari 70 hingga 90 sentimeter.

Banjir yang terjadi setelah hujan lebat, menyebabkan meluapnya Sungai Petung dan berdampak pada beberapa desa di lima Kecamatan, antara lain Desa Pakis di Kecamtan Panti, Badean, dan Desa Petung di Kecamatan Bangsalsari. Selanjutnya Desa Rambigudam dan Desa Pecoro di Kecamatan Rambipuji, Desa Klungkung di Kecamatan Sukorambi dan Kecamatan Kaliwates.

Baca Juga  [Update] Ribuan Warga Sumatra Barat Mengungsi Pascagempa M6,1

Dari laporan, Tim Reaksi Cepat yang melakukan kaji cepat di lapangan, tercatat 124 Kepala KK atau sekitar 455 jiwa terdampak.

Sementara 10 di antaranya mengungsi di Masjid Baiturrahman Pecoro.

Selain itu, kerugian materi tercatat 16 unit rumah terdampak dan 3 unit rumah rusak sedang.

Petugas BPBD Kabupaten Jember telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk penanganan korban, terutama untuk evakuasi dan bantuan logistik korban terdampak.