Borobudur dan Prambanan Bakal Jadi Tempat Peribadatan Hindu dan Budha

Foto: borobudurpark.com

POTENSINETWORK.COM -Komitmen Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, untuk memberikan kenyamanan umat beragama dalam beribadah terus diwujudkan melalui program-program Kementerian Agama (Kemenag).

Salah satunya, upaya membuka Candi Prambanan untuk digunakan peribadatan umat Hindu, dan Candi Borobudur untuk peribadatan umat Buddha.

“Alhamdulillah saya lega hari ini. Upaya yang kita lakukan hampir satu tahun ini, mulai terlihat titik terangnya. Saya berharap upaya kita ini sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat,” ujar Menag saat menerima Tim Kerja Pencanangan Candi Prambanan dan Borobudur sebagai Tempat Ibadah, di Jakarta, Rabu (12/1).

Baca Juga  Bupati Alternatif Siap Menangkan Pilkada 2024 KBB

Ia meminta upaya pihaknya itu, sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Kalau ternyata ini belum bisa menjawab kebutuhan umat, kita harus cari tahu lagi. Ingat, komitmen kita adalah agar seluruh umat dapat nyaman dalam menjalankan agamanya,” ujarnya.

Sebelumnya, gagasan untuk menjadikan Candi Prambanan dan Candi Borobudur sebagai tempat peribadatan umat Hindu dan Buddha disampaikan Yaqut awal masa kepemimpinannya, Desember 2020.

“Gagasan ini juga disetujui oleh Bapak Presiden juga para menteri. Dan saya mendapat kabar Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono dan juga Gubernur Jawa Tengah juga sudah mendukung. Karenanya, saya minta seluruh tim untuk bekerja cepat mewujudkan ini,” kata Menag.

Baca Juga  Genangan Banjir Kota Tangerang Terpantau Mulai Surut Pagi Ini