Capai Target 50 Juta Pohon, Pemprov Jabar Gagas GTPP Jilid II

Foto: humas jabar

POTENSINETWORK.COM – Pemprov Jawa Barat menggagas Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon (GTPP) Jilid II, setelah program tersebut sukses melebihi target 50 juta pohon pada akhir tahun 2021, yakni mencapai 54 juta pohon.

Pada GTPP Jilid II ini ditargetkan sebanyak 20 juta pohon tertanam di tahun 2022.

“Saya hari ini mewakili Pak Gubernur dalam rangka penanaman pohon dengan program yang sudah kita laksanakan, yaitu 50 juta pohon,” ujar Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum pada acara Peresmian Bina Desa Konservasi Cibiru Wetan, di Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Kamis (27/1/2022).

Baca Juga  Puluhan Unit Rumah Rusak Dihantam Angin Kencang, di Antaranya di Purwakarta

“Alhamdulillah hari ini sudah melebihi sampai 54 juta pohon. Ini semua berkat dorongan seluruh lapisan masyarakat, termasuk pengusaha (CSR),” tuturnya.

Pak Uu –sapaan akrab Wagub– mengungkapkan, program GTPP merupakan salah satu upaya Pemda Provinsi Jabar dalam mereboisasi kembali hutan dan tanah yang gundul.

Pak Uu juga melaporkan, berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SK.306/MENLHK/PDASHL/DAS.0/7/2018 tentang penetapan lahan kritis nasional, disebutkan bahwa di wilayah provinsi Jabar terdapat lahan kritis seluas 911.192 hektare yang meliputi lahan kritis di dalam kawasan hutan dan di luar kawasan hutan, yang harus dipulihkan melalui upaya rehabilitasi hutan dan lahan.

Baca Juga  Api Obor Asean Para Games Solo 2022 Disambut Ribuan Masyarakat Karanganyar