Film Berbahasa Sunda “Nana” Tayang di Festival Film Internasional Berlin

Foto: humas jabar

POTENSINETWORK.COM – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bangga dan melontarkan pujiannya terhadap pencapaian film berbahasa Sunda “Before, Now & Then” atau “Nana” yang akan diputar di Berlin International Film Festival 2022, Jerman.

Menurutnya, film yang diperankan Happy Salma, Laura Basuki, dan Ibnu Jamil yang berlatar situasi tahun 1960 itu menjadi peristiwa sejarah bagi masyarakat Sunda.

“Ini peristiwa bersejarah, film Indonesia masuk finalis Fesitival Film Internasional Berlin, dan yang pertama kali berbahasa daerah, yaitu Sunda,” ujar Ridwan Kamil di Kota Kediri, Jawa Timur, Jumat (21/1/2022).

Baca Juga  Menag: Mencintai Al Qur'an Dapat Dimulai dengan Mengenalkannya Sejak Dini

Menurut dia, prestasi tersebut patut diapresiasi mengingat isu kebhinekaan saat ini di Indonesia tengah menjadi sorotan.

“Apalagi dengan isu masalah bahasa daerah dan kebhinekaan yang saat ini jadi sorotan, prestasi ini sangat membanggakan,” ujarnya.

Ia berharap, diakuinya Film Nana oleh dunia internasional menjadi penyemangat bagi masyarakat Indonesia untuk tidak malu dan lebih menghargai keberagaman bahasa daerah.

“Terbukti dengan kreativitas itu dunia menghargai, masak bangsa kita sendiri kurang menghargai. Poinnya ini adalah sebuah kebangkitan bahasa daerah di dunia internasional melalui ajang Festival Film Internasional Berlin,” ujarnya.

Baca Juga  Khutbah Jum'at, Keutamaan Silaturrahmi