Gegerkalong Kota Bandung Miliki Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Terpusat

Foto: humas bandung


POTENSINETWOR.COM – Pemkot Bandung meresmikan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD) Terpusat Sanimas Citarum Harum yang diinisiasi Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BBPW) Jawa Barat Kementerian PUPR, kemudian dibangun oleh KSM Sauyunan Pisan.

SPALD Terpusat merupakan sistem pengelolaan yang dilakukan dengan mengalirkan air limbah domestik dari sumber secara kolektif ke Sub-sistem Pengolahan Terpusat untuk diolah sebelum dibuang ke badan air permukaaan.

SPALD Terpusat tersebut berlokasi di Wilayah RW 06, Kelurahan Gegerkalong, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meresmikan dengan pemberian tanda tangan, menjelang akhir pekan lalu.

Baca Juga  Jalan Layang Pasupati Bandung Ganti Nama Jadi Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja

Plt Wali Kota berharap, dengan terbangunnya SPALD Terpusat di wilayah tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi role model bagi wilayah lain.

“Mudah-mudahan air tanahnya juga kualitasnya menjadi baik, karena mengurangi limbah domestik warga. Harapannya karena ini dibangun oleh masyarakat, masyarakat juga bisa ikut menjaga, memelihara IPAL-nya terus berfungsi baik,” katanya srusai peresmian.

“Karena memang masalah limbah domestik ini tetap menjadi masalah di kota besar, mudah-mudahan dengan terbangunnya tempat ini semakin mempercepat proses pencapaian 100 persen ODF (Open Defecation Free) di Kota Bandung,” ujarnya.

Baca Juga  Banjir yang Merusak Puluhan Rumah Warga Milanai Mulai Surut

Plt Wali Kota juga mengapresiasi pembangunan SPALD Terpusat yang di atasnya terdapat ruang publik, sehingga bisa dicontoh kewilayahan lain agar dibagian atas SPALD dapat dimanfaatkan.