Hanya Butuh Sinergi, Pesantren Siap Jajaki Ekspor Produk Makanan Halal

Foto: kemenag

POTENSINETWORK.COM – Pondok pesantren siap mengambil peran dalam mewujudkan Ekosistem Global Halal Hub sebagai gerakan nasional sinergitas menuju Indonesia Pusat Produsen Halal Dunia 2024.

“Pesantren siap jajaki ekspor produk makanan halal,” kata Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag, Waryono Abdul Ghafur, seusai menghadiri Pencanangan ‘Kick Off’ Ekosistem Global Halal Hub oleh Wapres KH Ma’ruf Amin di Kota Tangerang, Kamis (27/1).

Waryono mengungkapkan, pesantren merupakan lembaga yang sangat potensial untuk berpartisipasi memasarkan produknya di pasar global.

Baca Juga  Ribuan Warga Pacira Berbondong-bondong Datangi Tempat Vaksinasi Massal

Menurutnya, pesantren saat ini banyak memiliki produk makanan yang kualitasnya kompetitif.

“Saya pikir, pesantren ini sangat potensial jika dilibatkan untuk memasarkan produk halalnya di pasar internasional. Saya sangat yakin produk pesantren sangat berkualitas dan tentunya produknya variatif,” ujar Waryono.

Waryono menambahkan bahwa keragaman produk pesantren tersebut terstimulasi oleh berbagai program yang dikelola pemerintah, pusat maupun daerah.

Kementerian Agama juga telah menjadikan Kemandirian Pesantren sebagai salah satu program prioritas. Gayung bersambut, di berbagai daerah ada program one pesantren one product.

Baca Juga  Pesantren Tetap Aman Bagi Anak-anak, Wagub Buka MQK Jabar Tahun 2021