Jabar Gandeng Waste4Change dan Sungai Watch Atasi Sampah di Tiga Daerah

Foto: madania..co.id

POTENSINETWORK.COM – Pemprov Jawa Barat berkolaborasi bersama Waste4Change dan Sungai Watch guna mengatasi masalah sampah di 100 titik sungai wilayah Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, dan Kabupaten Karawang.

Direktur Waste4Change, M Bijaksana Junerosano, mengatakan, gerakan penanganan sampah di tiga wilayah Jabar tersebut dilatarbelakangi permasalahan sampah yang sangat memprihatinkan. Sampah-sampah bertumpuk di bantaran sungai bahkan badan sungai yang berpotensi akan mencemari lautan.

“Melalui kolaborasi ini, kami lakukan intervensi agar sampah tidak masuk ke lautan,” ujar Junerosano yang akrab disapa Sano, Minggu (23/1).

Baca Juga  Warga Kaget Ada Suara Wanita 'Mendesah' di Tong Sampah

Kolaborasi dengan Pemprov Jabar, lanjutnya sudah mulai dirintis.

Selain itu, pihaknya juga telah menggelar diskusi dengan perwakilan pemerintah pusat yang dihadiri KemenkoMarves, KLHK, KemenPUPR, Pihak Provinsi Jabar, dengan tuan rumah Pemerintah Kota Bekasi.

“Kami juga sudah melakukan diskusi langsung dengan Pemda Provinsi Jabar Kamis 20 Januari 2022. Saat itu dihadiri pula perwakilan Pemerintah Pusat dan juga perwakilan tiga daerah yang akan kami intervensi, serta Gary Bencheghib dari Sungai Watch,” ujarnya.

Menurut dia, respons mereka pada aksi penanganan tersebut disambut baik dan siap memberikan dukungan penuh.

Baca Juga  Tinjau Baksos, PLT. Walikota Bekasi Harapkan Masyarakat Bisa Jalankan Hidup Normal Kembali