Petinju Asal Filipina Mark Magsayo Rebut Gelar WBC, Kalahkan Juara Bertahan Gary Russell

Mark Magsayo: Istimewa

PORENSINETWORK.COM — Petinju asal Filipina, Mark Magsayo, berhasil merebut gelar juara tinju dunia kelas bulu WBC. Ia menang angka atas Gary Russell Jr, asal Amerika, dalam pertarungan di Atlantic City, New Jersey, Ahad WIB, 23 Januari 2022.

Kedua petinju bertarung hingga ronde ke-12. Dia juri kemudian memberi Magsayo kemenangan 115-113 dan satu juri lain memberi skor seri 114-114.

Dalam duel tinju itu, Russel, juara bertahan yang berusaha mempertahankan gelarnya untuk keenam kali, tampak kesulitan sejak ronde keempat. Ia mengalami cedera tangan kanan, diduga karena ototnya cedera, sehingga hanya mengandalkan sebelum tangan untuk bertarung.

Baca Juga  Kalah 0-1 dari Bhayangkara FC, Persib Tertahan di Urutan Kelima, Ini Hasil dan Jadwal Pertandingan Liga 1

Tapi, kondisi itu tak membuat Magsayo bisa mendikte. Kedua petinju bertarung ketat hingga akhir, meski dua juri akhirnya menilai petinju Filipina itu yang berhak atas nilai lebih tinggi.

Russel, 33 tahun, kehilangan gelarnya yang direbut 2015. Ia sekaligus mengalami kekalahan kedua dalam kariernya, sehingga rekor bertarungnya menjadi 31-2 (18 KO).

Mark Magsayo, 26 tahun, meraih gelar juara dunia untuk pertama kalinya. Ia sebelumnya memegang gelar WBO Internasional di kelas sama.

Kemenangan ini, selain memberinya gelar juara, juga memastikan rekornya tetap sempurna di ring tinju, dilansir Tempo.co.***