Seabrek Prestasi Madrasah 2021, Terbaik UTBK Hingga Adiwiyata

Moh. Isom. (Foto: kemenag)

POTENSINETWORK.COM – Banyak prestasi yang diraih siswa madrasah, baik akademik maupun non akademik, mulai tingkat regional, nasional hingga internasional.

Misalnya, dalam Top 1000 sekolah/madrasah tahun 2021 berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang digelar Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sebanyak 62 madrasah masuk terbaik nasional.

Dari 1000 sekolah/madrasah yang dirilis, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Serpong menduduki peringkat pertama.

Di tahun yang sama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga menetapkan Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2021, di antaranya terdapat 21 madrasah dari 344 sekolah yang memiliki gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup, yaitu MIN 1 Asahan, MIN 5 Asahan, MIN 7 Tapanuli Selatan, MIN 1 Kota Medan, MIN 5 Kota Medan, MIN 6 Tangerang, MAN 1 Tangerang, MAN 1 Bandung, MTs Harapan baru Kabupaten Ciamis, MIN 5 Blitar, MTsN 8 Blitar, MTs Alhikam Jombang, MIN 1 Madiun, MTsN 4 Pasuruan, MTsN 1 Ponorogo, MIS Ma’arif Bego Sleman, MTsN 1 Sleman, MTsN 4 Sleman, MTsN 2 Sumbawa, MTsN 2 Jeneponto, dan MTs Al-Khairaat Pusat Palu.

Baca Juga  Pemda Bisa Beri Bantuan untuk Madrasah, Regulasi Sudah Ada

Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Kemenag, Moh. Isom, mengatakan, banyaknya prestasi yang ditorehkan oleh madrasah dalam kurun waktu satu tahun selama 2021 ini mencerminkan semangat madrasah mandiri berprestasi.

“Kami terus berupaya untuk menggali potensi siswa melalui berbagai macam rangkaian program yang dapat mengembangkan dan merangsang kreatifitas dan inovasi siswa madrasah seperti Kompetisi Robotik Madrasah, Kompetisi Sains Madrasah, Madrasah Young Researchers Super Camp, Madrasah Vlog Competition, Lomba Film Pendek Madrasah, Akademi Madrasah Digital, dan Duta Harmoni moderasi beragama,” terang Isom di Jakarta, Senin (3/1) dalam ditus resmi kemenag.

Baca Juga  Jokowi Siratkan Dukung Ganjar di Pilpres 2024, Pengamat: Benih Perpecahan di PDIP Makin Terlihat

“Madrasah hari ini sudah mulai menunjukkan eksistensi nya di berbagai macam even perlombaan baik itu bersifat akademik maupun non akademik yang diselenggarakan oleh kementerian atau lembaga lainnya, mulai dari prestasi tingkat regional, kab/kota, provinsi, nasional hingga internasional,” sambungnya.