Untuk Informasi Rencana Pembangunan Kabupaten BB Kini miliki FSD

Foto : cecep

POTENSINETWORK.COM –
Pemkab Bandung Barat membentuk Forum Satu Data (FSD) untuk mengelola data dan informasi dalam merencanakan setiap pembangunan.

Hal itu, dilakukan untuk menyiasati sejumlah permasalahan data yang sering dihadapi diantaranya, data yang beragam, tidak terpadu, belum terintegrasi lantaran masih tersebar di masing-masing perangkat daerah.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengatakan, FSD ini sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan pelaporan sekaligus serah terima hasil data desa presisi tahun 2021.

“Forum satu data ini mengacu pada Perpres Nomor 39 tahun 2019, tentang satu data Indonesia tingkat Kabupaten Bandung Barat,” katanya saat ditemui di Padalarang, Senin, (31/1).

Baca Juga  Semua Fraksi DPRD Jabar Telah Sepakat, Pemekaran Wilayah masih Terkendala Moratorium

Ia menyampaikan, pihaknya mendukung setiap tahapan penyelenggaraan satu data Indonesia, yang mencakup perencanaan, pengumpulan, pemeriksaan dan penyebarluasan data.

Menurutnya, kesulitan mengumpulkan data dari masing-masing perangkat daerah, dikarenakan tidak ada keinginan untuk membagi data.

“Mereka (OPD) menganggap berbagai data dapat mengurangi keunggulan kompetitif perangkat daerah di mata pimpinan,” ujarnya.