Hukrim  

Ada Penambangan Liar di Galian C Nagreg, Kabupaten Bandung

Foto: humus jabar

POTENSINETWORK.COM – Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, menemukan sejumlah penambangan liar di kapwapn Plingkapr Pnapgreg, Japbupappen Bandung.

Temuan tersebutsebut ia dapat setelahmeninjau galian C lima perusahaan tambang di Lingkar Nagreg, Kabupaten Bandung, Jumat (4/2/2022).

Berdasarkan peninjauan, ada beberapa perusahaan yang izinnya perlu dievaluasi dan bahkan terdapat perusahaan yang izinnya sudah habis.

“Pertama izinnya sudah habis. Yang kedua izinnya belum sempurna, dan juga kalaupun punya izin, mereka belum (punya izin) untuk menggunakan jalan nasional dari pihak Kementerian. Bahkan pihak Kementerian sudah mengirim surat pada kami dan Kapolsek juga, sehingga kami harus menindaklanjuti itu semua,” ucapnya.

Baca Juga  Prihatin OTT Wali Kota Bekasi, Begini Komentar Gubernur Jabar

Menurut dia, aktivitas lima perusahaan tambang itu berpotensi membahayakan masyarakat setempat. Salah satunya menyebabkan banjir di permukiman setempat karena saluran air tersumbat.

“Jadi mudah-mudahan ada kebaikan dan kemaslahatan dengan kehadiran saya ke sini. Di samping masyarakat ketakutan longsor, juga jalan yang biasa kita pakai ada aturan dan harus ada izin dari Kementerian dalam menggunakan jalan nasional,” katanya.

Ia meminta Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jabar, Satpol PP Jabar, dan semua pihak terkait untuk mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil peninjauan dengan cepat.

Baca Juga  Ini Sosok Jenderal Bintang 1 Keturunan Tionghoa yang Dikaitkan Kasus Brigadir J