News  

Banjir Bandang Rendam Puluhan Rumah di 5 Desa Kabupaten Bandung Barat

POTENSINETWORK.COM – Hujan deras yang menerjang sejumlah wilayah Kabupaten Bandung Barat, mengakibat puluhan rumah di Kecamatan Ngamprah terendam banjir bandang. Selasa, (15/2).

Bedasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Daeah (BPBD) KBB, sekitar 41 rumah terdampak banjir bandang. Puluhan rumah tersebut berada di lima desa diantaranya, Desa Margajaya, Desa Gadobangkong, Desa Tanimulya, Desa Cilame, dan Desa Cimareme.

“Banjir bandang menerjang 5 desa di Kecamatan Ngamprah. Total rumah yang terdampak ada 41. Selain itu ada 1 sarana ibadah,” kata Kepala Pelaksana BPBD Bandung Barat Duddy Prabowo. Rabu, (16/2).

Baca Juga  Bendera Merah Putih Tak Dikibarkan di Tiang Bendera pada Upacara HUT ke-77 RI di Solo, Ini Reaksi Gibran

Ia menerangkan banjir bandang yang menerjang permukiman warga ini disebabkan tingginya curah hujan hingga debit sungai tinggi dan meluber ke pemukiman.

“Jadi ini akibat curah hujan yang tinggi sejak siang tadi, baru air meluber sekitar jam 14.30 WIB berdampak banjir bandang ke permukiman warga,” terangnya.

Duddy menyebut sampai saat ini tidak ada warga yang terdampak banjir diungsikan. Namun jika sampai ada harus diungsikan pihaknya sudah menyediakan peralatan penunjang.

“Sementara apabila dimungkinkan tidak perlu lokasi pengungsian. Sekarang masyarakat sedang membersihkan lumpur dan material mudah-mudahan selesai malam ini dan nampaknya masih bisa ditempati,” ujar Duddy.

Baca Juga  Berharap Kejar Ketinggalan, Pekan Imunisasi Dunia 2022 Momentum Tingkatkan Kesadaran Masyarakat