News  

Beredar Luas Video Erupsi Anak Gunung Krakatau 2018 di Media Sosial

Video dramatis yang memperlihatkan erupsi Gunung Anak Krakakatau yang diambil oleh personel TNI-AL. (Foto: bnpb/istimewa)

POTENSINETWORK.COM – Beriringan dengan terusan pemberitaan dari sejumlah media tentang aktivitas erupsi Gunung Anak Krakatau Jumat (3-4/2), beredar pula video dramatis yang memperlihatkan erupsi Gunung Anak Krakakatau yang diambil oleh personel TNI-AL.

Menurut Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Ph.D., perlu diluruskan bahwa video tersebut adalah dokumentasi erupsi Anak Krakatau tahun 2018 (setelah tsunami), yang diambil oleh personil Dishidros TNI-AL yang melakukan survey batimetri tanggal 25-30 Desember 2018 paska tsunami, bukan erupsi yang terjadi dari Kamis hingga Jumat (3-4/2).

BNPB mengimbau masyarakat tidak meneruskan atau mem-forward video tersebut dan mengasosiasikan seakan-akan video tersebut adalah kejadian erupsi saat ini.

Baca Juga  Menelusuri Jejak Nenek Moyang Orang Sunda, Indraprahasta Sponsor Sang Purbasora

Tetap waspada dengan memperhatikan informasi dari instansi yang berwenang dalam hal ini Badan Geologi melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.***