Cisundawu akibatkan Gagal Panen Masyarakat Cileunyi Wetan Merugi

foto : nunk

POTENSINETWORK.COM – Ketua Komisi C, DPRD Kabupaten Bandung, H.Yanto Setianto menegaskan, pembangunan Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisundawu) merugikan masyarakat Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileinyi, Kabupaten Bandung.

Hal itu ucapnya, terungkap saat rapat kerja Komisi C bersama warga, Kepala Desa (Kades) Cileunyi Wetan, BPD dan Anggota Desa Cileunyi Wetan di Soreang, Senin (21/2).

“Saat itu Kades Cileunyi Wetan menjelaskan, jika kehadiran Tol Cisundawu sudah merugikan rakyatnya, ‘ jelas Yanto dalam rilisnya yang dikirim via WhatsApp, Selasa (22/2).

Baca Juga  Tanggapi Jusuf Kalla Soal Beban Utang, Rocky Gerung: Pak Jokowi Tinggalkan Beban Berbahaya

Menurutnya, saat rapat Kades menjelaskan jika kehadiran Cisundawu berdampak meluapnya Sungai Citata, sehingga masyarakat yang tinggal di RW 13 kerap kebanjiran.

Akibat sering terjadi baniir, mata air yang ada di wilayah itu jadi tercemar, padahal itu untuk memasok air bersih di tiga RW.

” Ya sesuai laporan kades dan BPD, warga di tiga RW Desa Cileunyi Wetan sekarang kesulitan air bersih. Parahnya lagi, Cisundawu menyebabkan sawah – sawah di Cileunyi Wetan gagal panen,” jelas Legislator Golkar ini.

Baca Juga  Sebagian Masyarakat Kab.Bandung Abaikan Prokes

Dalam rapat yang dihadiri Camat Cileunyi, Kabid Jalan dan Kabid Tata Ruang Dinas PUTR Kabupaten Bandung, warga yang terdampak berharap komisi C dapat memfasilitasi ke Kementrian PUPR agar segera membenahi pembangunan Cisundawu.