Gubernur Jabar Harap Kampus 2 Polman Majalengka Sokong KEK Metropolitan Rebana

Foto: humas jabar

POTENSINETWORK.COM – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, berharap hadirnya Kampus 2 Politeknik Manufaktur di Kabupaten Majalengka menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas demi menyokong Kawasan Ekonomi Khusus Metropolitan Rebana.

Kampus 2 Polman Majalengka akan menghadirkan 76 program studi dan menyerap sebanyak 16.000 mahasiswa.

Lulusan Polman diharapkan bisa merespons tujuh ekonomi baru yang hadir pascapandemi civid-19.

“Itulah mimpi kita, bahwa Polman harus merespons kawasan The Future West Java, yaitu Metropolitan Rebana yang akan hadir 13 kota baru, serta melahirkan 4.5 juta lapangan pekerjaan. Rebana dapat membantu ekonomi nasional sebanyak 2-3 persen,” kata Ridwan Kamil di Kampus 2 Polman Bandung, Selasa (8/2).

Baca Juga  Kompetisi Kucing-kucingan Semarak Bulan Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional

Di hadapan Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Ridwan Kamil membeberkan sejumlah potensi investasi di Jabar.

Salah satunya, ia sebut, dengan memberikan keleluasaan kepada Pemkab Majalengka agar pembangunan Kampus 2 Polman diperbesar hingga 50 hektar,  yang tadinya 30 hektare (18 hektare area akademik, dan 12 hektare area sosial), serta calon lahan kawasan industri pendukung ekosistem pendidikan kurang lebih 20 hektare.

“Hadirnya Polman diharapkan bisa menyokong untuk dibangun secara maksimal, ada anggaran dari kami untuk pembebasan. Pak Luhut mengatakan, kalau bisa diperbesar sampai 50 hektar. Dengan rebana kalau lancar pertumbuhan ekonomi Jawa Barat akan naik menyumbang ke nasional,” ujarnya.

Baca Juga  Geo Dipa Tanam 1.000 Pohon di Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia