Hadits yang Menegaskan Pemimpin Derah yang Adil

DIKUTIP dari kitab Riyadhush-Shalihin halaman 316-317 , dari Hadits urutan ketiga: Dari Sayidina Auf Bin Malik Radhiyallahu’anhu, bahwasannya, Aku dengar Rasulullah saw bersabda; Sebaik-baik pemimpin adalah kalian semua mencintainya, dan kalian semua dicintainya.

Dan sejelek-jelrk pemimpin adalah kalian semua membencinya dan kalian semua dibencinya, kalian melaknatinya dan kalian dilaknatinya.

Adakah pemimpin jelek tersebut harus kami hindari? Rasulullah saw menjawab; oh jangan, selagi dia mengerjakan shalat(HR. Muslim).

Hadits keempat: diterima dari Sayidina Iyadh Bin Himar Radhiyallahu’anhu, bahwasannya Aku pernah mendengar Rasulullah saw bersabda: Ahlus Surga itu hanya kelompok ; 1. Pemimpin yang adil dan jujur. 2. Kelompok penyayang keluarga dan kerabat juga kepada sesama muslim. 3. Kelompok orang miskin yang menjaga diri dan keluarganya dari meminta-minta. (HR. Muslim) Allah swt berfirman:Wahai orang-orang yang beriman, taatlah kepada Allah dan taatlah kepada rasul juga kepada pemimpinmu di antara kamu sekalian.

Baca Juga  Khutbah Jumat, Stabilitas Keamanan Dapat Terwujud Melalui Praktek Islam

Ayat di atas adalah penganugerahan tertinggi dari sekian ayat yang ada kepada para pemimpin yang adil (ulil amri).

Sehingga, ditempatkannya pada susunan ketiga setelah Allah dan Rasulullah.