Innalillahi Wa Inna Ilaihiroziun, Pengusaha Taat Pajak Kelahiran Bandung Ini Dikabarkan Tutup Usia

POTENSINETWORK.COM – Kabar duka mengiringi pengusaha ternama Indonesia Arifin Panigoro.

Arifin Panigoro, pengusaha sekaligus Pemilik PT Medco Energi Internasional Tbk, dikabarkan meninggal dunia, Senin (28/2/2022).

Kabar meninggalnya Arifin Panigoro tersiar melalui pesan berantai yang bereda di grup WhatsApp. Kabar tersebut kemudian dibenarkan langsung oleh Kristy, Humas Medco Power.

Berikut informasi lengkap kabar berpulangnya Arifin Panigoro
BERITA DUKA: Telah meninggal dunia, Arifin Panigoro di Mayo Clinic, Rochester USA, kira-kira jam 14.45 27 Febr waktu setempat (atau 03.45 WIB 28 Febr.) (Berita dari Mea Panigoro, putri alm AP).

Inalillahi wa inna illahi rajiun Turut berdukacita atas wafatnya sahabat bpk Arifin Panigoro , semoga diwafatkan dalam Husnul Khotimah , diterima segala amal ibadahnya , diampuni dosa2 nya , keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan Aamiin YRA , Al Fatehah.

Baca Juga  Puluhan Rumah di Luwu Sulawesi Selatan Terdampak Banjir dan Longsor

Sementara dilaporkan, Arifin Panigoro meninggal dunia di Rochester, Amerika Serikat, Senin (28/2/2022). Tak sedikit orang bertanya-tanya profil Arifin Panigoro sang raja minyak dari Indonesia.

Kabar duka kepergian Arifin Panigoro dibagikan oleh anaknya, Mea Panigoro melalui pesan berantai. Arifin Panigoro meninggal di Mayo Clinic Rochester sekitar pukul 03.45 WIB.

Berikut profil Arifin Panigoro selengkapnya dikutip dari Suara.com

Arifin Panigoro lahir di Bandung, 14 Maret 1945. Arifin menyelesaikan pendidikan tinggi di Teknik Elektro Institut Teknilogi Bandung. Saat masih duduk di bangku perkuliahan, Arifin Panigoro sudah mulai berbisnis menjadi kontraktor instalasi listrik secara door to door.

Baca Juga  Vaksinasi Covid-19 tak Batalkan Puasa, Kemenag: KUA Agar Edukasi Umat

Lulus dari kampus ITB, Arifin mulai membangun bisnis pengeboran minyak dan gas bersama teman-temannya pada 1980-an.

Untuk memperdalam ilmu perminyakan, ia melanjutkan pendidikan sebagai Senior Executive Programme Institute of Business Administration, Fountainebleau, Prancis.

Pengeboran minyak mulai dilakukan pada 1981 dengan bantuan modal dari pemerintah. Kemudian Medco Group membeli Stanvac melalui tender dan mengganti namanya menjadi Expan.

Arifin Panigoro merupakan sosok pengusaha taat pajak. Pada 2016, Arifin mendapatkan pengharhaan sebagai pembayar pajak terbesar dari Ditjen Pajak. Penghargaan serupa juga didapatkan oleh Arifin Panigoro pada 2019.

Tak hanya itu, Forbes mencatat Arifin Panigoro sebagai orang terkaya di Indonesia ke-47. Pria yang dijuluki sebagai Raja Minyak Indonesia ini disebut-sebut memiliki kekayaan sekitar 550 juta dolar AS.Setelah sukses menjadi pengusaha, Arifin Panigoro melebarkan sayapnya menjadi politisi. Arifin Panigoro sempat menjadi anggota DPR RI Dapil Banten 1 yang meliputi Kabupaten Lebak, Pandeglang, Serang dan Kota Cilegon.

Baca Juga  Curah Hujan Tinggi, Kabupaten Cilacap Dilanda¬† Bencana Hidrometeorologi Bertubi-tubi

Ia bergabung dengan PDIP dan terpilih sebagai Ketua DPP dan Ketua Fraksi PDIP pada 2002-2003. Namun, ia memutuskan hengkang dari partai dan DPR RI pada 2005. Keluar dari PDIP, Arifin Panigoro mendirikan partai sendiri bernama Partai Demokrasi Pembaruan.

Pada 2019, Arifin Panigoro dilantik menjadi Dewan Pertimbangan Presiden periode 2019-2024 oleh Presiden Joko Widodo.***