Konsep 3D Diusulkan Ridwan Kamil Usul Bangun Peradaban IKN

Foto: humas jabar

POTENSI.NETWORK.COM– Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, menuturkan membangun sebuah kota baru harus memiliki identitas dan kearifan lokal.

Konsep 3D atau Desain-Density- Diversity juga harus menjadi rumus penting yang diterapkan demi membangun sebuah peradaban yang berkelanjutan.

Momentum pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan menjadi bagian penting dari transformasi Indonesia menuju ekonomi hijau.

Untuk itu, Ridwan Kamil, meminta Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) segera ambil bagian dengan merespons melalui kajian keilmuan yang komprehensif.

Baca Juga  Vaksin Dosis ke 2 di Kabupaten Bandung Capai 48,58 Persen, Berikut Penjelasannya

“Karena untuk membangun peradaban kota ada rumus desain, density dan diversity. Rumus 3D ini harus dijaga dalam pembangunan IKN demi melahirkan peradaban kehidupan yang sustainable,” kata Ridwan Kamil saat menjadi narasumber secara virtual dalam acara Paradigma Kota dan Arsitektur di Masa Depan, Arsitektur sebagai Artefak Peradaban dalam Perspektif Istana di Hotel Double Three, Jakarta, Rabu (9/2/L) malam.

Ridwan Kamil berpandangan, pelibatan dalam pembangunan tata kota baru Asosiasi seperti halnya IAI sangat diperlukan.

Nantinya, lanjut dia, masukan-masukan dari segi keilmuan para arsitek se-Indonesia bisa menumbuhkan pembangunan kota dengan konsep ekonomi hijau.

Baca Juga  Gubernur Jabar: FPPU Jabar, ¬†Pesantren Harus Bisa Bersinergi Bersama Pemerintah