Korut Tuduh AS Penyebab Krisis yang terjadi Saat Ini di Ukraina

REUTERS/GLEB GARANICH

POTENSINETWORK COM — Korea Utara menuding Amerika Serikat sebagai akar penyebab krisis yang kini terjadi di Ukraina. Tuduhan ini sebagai tanggapan resmi Pyongyang atas invasi Rusia ke negara Eropa Timur itu.

Menurut pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri Korea Utara, yang hanya dirilis di situs mereka, Amerika Serikat harus disalahkan atas bencana yang sedang berlangsung.

“Akar penyebab krisis di Ukraina juga karena keangkuhan dan kesewenang-wenangan Amerika Serikat,” demikian menurut pernyataan resmi Kemlu Korut dikutip AFP, Minggu (27/2).

Baca Juga  Ketegangan di Ukraina Bisa Picu Perang Dunia 3, Ini Cara Agar Selamat dari Ancaman Nuklir

Sementara itu, peneliti studi politik internasional untuk masyarakat Korut, Ri Ji-song menyatakan, Washington mengejar supremasi militer dengan mengabaikan permintaan resmi Rusia soal keamanan negara.

Ri mengecam AS karena dinilai memegang standar ganda akibat ikut campur urusan negara lain atas nama perdamaian dan stabilitas.

“Namun, tanpa alasan yang baik, mereka [AS] mencela tindakan pertahanan diri yang diambil negara untuk memastikan keamanan nasional mereka sendiri,” kata Ri.

Ia kemudian melanjutkan, “Berlalu sudah hari-hari AS menggunakan kekuasaan tertingginya.”