News  

Lebih Seribu Warga Terdampak, Pemprov Sumbang Rp1,5 M untuk Korban Banjir Sukabumi

POTENSINETWORK.COM – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengecek kondisi rumah warga yang terdampak banjir bandang di Kampung Tugu Kelurahan Jaya Raksa, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, Sabtu (19/2).

Kedatangan Ridwan Kamil ke lokasi terdampak untuk mengecek kesiapan fasilitas tanggap darurat, posko kesehatan, dan posko utama terkait pusat informasi telah disediakan demi kebutuhan warga.

Tak hanya itu, gubernur menyalurkan bantuan Rp 1,5 miliar dan Rp 500 juta dari dana umat untuk merehabilitasi rumah warga.

“Nantinya buat rehabilitasi pembangunan sedang dihitung dulu oleh aparat terkait setempat. Bantuan dari Pemda Prov Jabar Rp1,5 miliar ditambah Rp 500 juta dari zakat-zakat orang baik yang menitipkan ke saya jadi total Rp 2 miliar,” ujar Ridwan Kamil.

Baca Juga  RSUD Bandung Kiwari, Terbakar Yana Pastikan Layanan Tetap Berjalan

Selain itu, memastikan kondisi warganya tetap aman dan sehat berkat pertolongan pertama yang dilakukan oleh BPBD Kota Sukabumi dan Pemkot Sukabumi.

Untuk itu, ia meminta Kapolda Jabar, Irjen Pol Suntana dan Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, agar merespons bencana ini dengan melakukan tindakan tanggap darurat mengangkat material oleh alat-alat berat yang melanda rumah warga.

“Ternyata ada banyak sekali rumah yang rusak berat, tanggap darurat saya titipkan kepada Pak Wali dengan tim dibantu TNI/Polri hari ini dan insyaallah besok beres dengan tim yang Pak Kapolda akan kerahkan,” kata dia.

Baca Juga  Ini Sosok Jenderal Bintang 1 Keturunan Tionghoa yang Dikaitkan Kasus Brigadir J