Pendaftaran Beasiswa LPDP 2022, Dibuka, Menkeu: Proses Seleksi Harus Transparan dan Akuntabel

Foto: kemenkeu

POTENSINETWORK.COM – Pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kembali dibuka tahun 2022.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, meminta seluruh jajaran pengurus LPDP menyampaikan pengelolaan dana, proses, dan kriteria rekrutmen kepada publik secara transparan dan akuntabel.

“Waktu kita bangun (dana abadi pendidikan) mulai dengan Rp1 triliun tahun 2010. Sekarang sudah mencapai Rp99,1 triliun.

Dana ini akan terus diwariskan dari generasi ke generasi. Oleh karena itu, pengelolaannya harus dan terus-menerus dijaga, transparansi, akuntabilitas dan tata kelolanya,” ujar Menkeu dalam Pembukaan Beasiswa LPDP 2022 secara daring Jumat (25/02/22).

Baca Juga  Menkeu Optimis Indonesia Mampu Jaga Penerimaan Negara 2022

Menkeu menegaskan pengelolaan dana APBN dan dana abadi akan selalu dilaporkan, diaudit, dan disampaikan jumlah pengelolaan dana, pendapatan dari investasi, dan penggunaan dana investasi.

“Dana ini adalah dana dari APBN, berasal dari dan dibayar oleh pajak dari masyarakat. Ini adalah bentuk keberpihakan. Dan oleh karena itu, dari sisi pengelolaan dan alokasi harus bisa dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, bangsa Indonesia,” katanya.

Selain pengelolaan dana, Menkeu berharap seleksi beasiswa LPDP dilakukan secara good governance, transparan, dan akuntabel serta melibatkan pihak independen.

Baca Juga  Semua Lari ke Pemasaran Digital, P T di Jabar Rancang Prodi Inovatif Kolaborasi dengan Industri

“Rakyat bisa melihat kriterianya apa, cara mengelolanya seperti apa. Karena ini adalah dana publik, dana yang harus dikelola untuk antargenerasi. Namanya dana abadi, ini nanti akan diwariskan dari generasi ke generasi,” ujar dia.