Persipura Kirim Surat Tak Bisa Bertanding Lawan Madura United

Poto: Persipura Jayapura tak hadir saat kick off versus Madura United, laga Liga 1 2021, Senin (21/2/2022). Tangkapan layar/istimewa

POTENSINETWORK.COM – Persipura Jayapura absen melawan Madura United pada laga tunda BRI Liga 1, yang dijadwalkan berlangsung Senin, 21 Februari 2022, di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Pertandingan ini merupakan laga tunda pekan ke-22 yang sebelumnya batal digelar karena Covid-19. Ternyata laga ulangan Senin kembali tak bisa dilaksanakan. Persipura tidak datang ke stadion sampai dengan dilakukannya kick-off.

Seperti termuat dalam keterangan PT LIB selaku operator kompetisi. Persipura Jayapura sebelumnya sudah menulis surat soal kesulitan mereka. Tim asal Papua menjelaskan bahwa mereka tidak bisa bertanding usai menyebutkan hasil tes PCR yang dilakukan pada 20 Februari 2022 menunjukkan 9 (sembilan) personel tim dinyatakan positif. Terdiri dari 3 ofisial dan 6 pemain.

Baca Juga  Laga Tunda Persib Versus PSM Berebut Tiga Poin, Ini Kata Kedua Pelatih

Pada surat tersebut Persipura juga menulis, “maka kami berkoordinasi dengan LIB untuk dilakukan Tes pembanding pada Senin, 21 Februari 2022, apabila hasil tes pembanding masih ada beberapa pemain dengan status Positif Covid-19, maka Tim Persipura Jayapura tidak dapat bertanding dikarenakan (1) jumlah pemain akan sangat banyak yang berhalangan untuk dimainkan (2) menghilangkan azas fairness.”

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) dan Satgas Covid-19 di BRI Liga 1 2021/2022 pun melakukan tes ulang. Hasilnya, sesuai dengan surat yang dikirimkan LIB dengan nomor 100/LIB-KOM/II/2022 menyebutkan bahwa hasil negatif: 21 pemain dan 7 ofisial. Sedangkan hasil positif: 6 pemain, 3 ofisial.

Baca Juga  Hatur Nuhun, Tiga Musim Bersama Persib, Esteban Vizcarra Akhiri Kerjasamanya

Dengan begitu, dalam surat yang dikirimkan ke manajemen Persipura pada 21 Februari 2022, PT LIB menegaskan bahwa karena didapati pemain yang negatif berjumlah lebih dari 14 orang sehingga penundaan tak bisa dilakukan karena tak memenuhi unsur Pasal 52 ayat 7 Regulasi BRI Liga 1.

“Tidak ada kejadian luar biasa terkait covid. Ini kasusnya seperti pertandingan Persikabo 1973 versus Bali United, beberapa pekan yang lalu. Pertandingan tetap dilanjutkan,” tegas Direktur Operasional LIB, Sudjarno, Senin malam, dilansir dari Tempo.co.

Baca Juga  Laga Tandang Kontra PSS, Persib Bawa Pulang Tiga Poin

“Dari kami pun juga sudah siap semuanya. LOC, wasit, keamanan, sudah berada di stadion. Tim Madura United juga sudah datang di stadion,” kata dia.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita menegaskan, terkait status pertandingan yang batal digelar tersebut, semua harus dikembalikan pada regulasi yang sudah dibuat. “Kami akan mengkonsultasikannya hal ini dengan PSSI terlebih dulu,” kata Akhmad Hadian Lukita.***