Prabowo Dipuncak Elektabilitas, Kata Direktur Eksekutif Voxpol Ini Faktornya

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Istimewa

POTENSINETWORK.COM – Hasil beberapa lembaga survey baru-baru ini, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berada diurutan puncak elektabilitas, bersaing ketat dengab Gantar Paranowo, disusul Anis Baswedan.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai, ada 3 faktor yang membuat elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto selalu berada di posisi atas.

Pangi mengatakan, posisi Prabowo sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) berpengaruh besar untuk menjaga elektabilitas Prabowo meski sudah tiga kali kalah dalam pemilihan presiden.

Baca Juga  Jumlah Penghulu Belum Ideal, Menag Usul Penambahan Formasi

“Kalau beliau tidak Menteri Pertahanan belum tentu juga terjaga, mungkin downgrade terus. Tetapi karena beliau punya posisi itu, dia bisa me-maintain elektoralnya dengan baik elektabilitasnya tetap terjaga,” kata Pangi, seperti dilansir Kompas.com, Jumat (4/2/2022).

Pangi menjelaskan, jabatan Menhan membuat Prabowo memiliki panggung untuk menunjukkan kinerjanya kepada publik dan hal itu turut menjadi perbincangan publik.

“Ini yang kemudian terekam di benak publik nama beliau menjadi penting untuk dipertimbangkan pada soal pilihan,” ujar Pangi.

Faktor kedua, Pangi melanjutkan, kiprah Prabowo di pentas politik nasional sudah jauh lebih lama dibandingkan nama-nama lain yang masuk bursa calon presiden seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca Juga  Edy Mulyadi Akhirnya Ditahan, Seorang Netizen Ngaku Warga Asli Kalimantan Malah Membelanya