Saya Sunda untuk Indonesia”, Etnisitas Penguat keIndonesiaan

Foto: humas jabar

POTENSINETWORK.COM – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan, etnisitas merupakan elemen yang membentuk Indonesia menjadi kuat. Maka bagi seseorang yang beretnis sunda jadilah orang sunda yang baik. Pun demikian dengan etnis lainnya.

Itulah makna dari tema “Saya Sunda untuk Indonesia” yang diangkat dalam In-Cast atau Injabar Unpad Podcast edisi kedua di Hotel Dharmawangsa Jakarta, Kamis (3/2).

“Dengan menguatkan etnisitas ini sama dengan menguatkan ke-Indonesiaan. Kalau jadi orang sunda, jadilah orang sunda yang baik. Begitu pun etnis lainnya supaya Indonesianya kuat. Itu poinnya,” tutur Ridwan Kamil.

Baca Juga  Target Persib di Piala AFC 2023 Dibawah Persaingan Ketat Klub-klub Elite Asia

In-Cast yang kali ini menghadirkan narasumber para tokoh sunda yang berkiprah di nasional sengaja digelar di Jakarta, karena menurut dia, orang sunda tersebar tak hanya di Jabar.

“Kenapa di Jakarta, karena etnisitas sunda tidak hanya berkumpul di Jabar, tapi juga di luar Jabar,” ujarnya.

Yang menarik juga dalam In-Cast edisi kedua ini, narasumber para tokoh seperti Mochamad Iriawan (Iwan Bule), Dicky Chandra, Sam Bimbo, Erry Hardjapamekas, Sarwono Kusumaatmadja dan tokoh lainnya menyampaikan gagasannya mengenai isu kebudayaan, kesenian, keilmuan, bahkan politik.

Baca Juga  Tak Perlu Panik, Presiden: Kasus Omicron akan Terus Meningkat dalam Beberapa Minggu

Gubernur yang juga menjadi narasumber menuturkan, dalam dimensi politik kiprah pahlawan sunda yaitu Ir. H. Djuanda dan Mochtar Kusumaatmadja harus dijadikan teladan.