News  

Sebuah Jembatan Amblas di Desa Padasuka Kabupaten Cianjur, Tergerus Aliran Sungai

POTENSINETWORK.COM – Jembatan Citatang, sebagai akses penghubung jalan kabupaten di kampung Cigombong, Desa Padasuka, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, amblas karena tergerus derasnya aliran sungai yang mengalir di bawahnya.

Peristiwa itu terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah tersebut Kamis (17/2) pukul 15.50 WIB.

Laporan visual dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, terpantau pondasi penyangga jembatan mengalami kerusakan dan sebagian lenyap karena tergerus derasnya aliran sungai yang bercampur lumpur.

Kendati tidak menimbulkan jatuhnya korban jiwa, akses mobilitas masyarakat terganggu.

Baca Juga  Ribuan Warga Cirebon Kebanjiran Akibat Sungai Ciberes Meluap

Sebagai respon cepat dari persitiwa tersebut, BPBD Kabupaten Cianjur telah melakukan asesmen dan berkoordinasi dengan instansi terkait, termasuk pemerintah desa setempat.

BPBD Kabupaten Cianjur dibantu warga setempat bergotong-royong membuat jembatan darurat dari bambu sebagai penghubung akses sementara.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini cuaca yang menyatakan, Kabupaten Cianjur berpotensi hujan disertai petir serta angin kencang antara siang hingga malam hari, terhitung sejak hari ini hingga Sabtu (19/2).