News  

Bolong-bolong Dampak Pembangunan Kawasan Industri Dibongkar Wakil Rakyat Jabar

Foto: humas dprd jabar

POTENSINETWORK.COM – Ketua Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Rahmat Hidayat Djati, menyebutkan, keberadaan Kawasan Industri di Karawang dan Jawa Barat ini mengandung dampak negatif dampak positif.

“Kawasan Industri di Karawang dan Jawa Barat ini mengandung dampak positif dan negatif yang harus disikapi dengan jujur oleh kita semua,” katanya.

Ia mengemukakan hal tersebut saat memberikan pengarahan dalam Forum Perangkat Daerah Disperindag Se-Jawa Barat di Karawang, Rabu, (9/2).

Forum ini dihadiri para Kadisperindag se-Jawa Barat, Bapeda, dan tokoh masyarakat Kabupaten Karawang serta Sekda Jabar, Setiawan Wangsaatmaja.

Baca Juga  Segera Dipilih Kepala Badan Pengelola Definitif Cekungan Bandung

Ia menegaskan, keberadaan Kawasan Industri di Karawang dan Jawa Barat mengandung dampak positif dan negatif yang harus disikapi dengan jujur oleh semua pihak.

“Selain dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat Jawa Barat dengan adanya kawasan industri, peluang kerja dan perubahan pola hidup masyarakat dalam pemajuan pembangunan yang searah dengan cita-cita bangsa yang merdeka. Dampak negatif pun harus kita Carikan jalan keluarnya jangan ditutup-tutupi yang bolong-bolongnya,” katanya.

Misaknya, ia mencontohkan, limbah industri yang mencemari Sungai Citarum, akses listrik untuk warga yang rumahnya hanya tersekat tembok dengan kawasan industri, juga akses jalan masyarakat sekitar yang harus melingkar untuk mencapai pusat pendidikan, pasar dan akses untuk beraktifitas bekerja keseharian itu merupakan dampak dari Kawasan Industri.

Baca Juga  Razia Kembali Digelar, Kasus Omicron di Jabar Melonjak