Di Tengah Gelombang Penolakkan dan Gugatan, Presiden Jokowi Lantik Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN

POTENSINETWORK COM – Di tengah gelombang penolakkan dan gugatan terhadap rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru, Perisiden RI Joko Widodo resmi melantik Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN).

Istana telah resmi melantik duet Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Kepala dan Wakil Kepala IKN.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga melantik Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), pada Kamis (10/03/2022) sore.

Seperti dilansir dari laman setkab.go.id, dalam prosesi yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta tersebut, Kepala Negara melantik Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulsel Sisa Masa Jabatan Tahun 2018-2023. Sedangkan, Bambang Susantono dilantik sebagai Kepala Otorita IKN serta Dhony Rahajoe dilantik sebagai Wakil Kepala Otorita IKN.

Baca Juga  Tanggapi Pesan WA Jokowi, Arief Poyuono: Api dalam Sekam… IKN Baru Bisa Batal

Pelantikan Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulsel dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 25/P Tahun 2022 tentang Pengesahan Pemberhentian Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Masa Jabatan Tahun 2018-2023 dan Pengesahan Pengangkatan Gubernur Sulawesi Selatan Sisa Masa Jabatan Tahun 2018-2023 yang ditetapkan Presiden Jokowi di Jakarta pada tanggal 4 Maret 2022.

Kemudian pelantikan Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 9/M Tahun 2022 tentang Pengangkatan Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara yang ditetapkan Presiden Jokowi di Jakarta pada tanggal 9 Maret 2022.

Baca Juga  Anggota DPR RI Ini Nilai Perencanaan Proyek KC Jakarta-Bandung Kurang Matang, Komentarnya Menohok...

Sebelum pelantikan, Andi Sudirman Sulaiman terlebih dahulu menerima petikan Surat Keputusan Presiden di Istana Merdeka. Kemudian bersama Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Andi melakukan prosesi kirab menuju Istana Negara.