News  

Gempa Bumi 5.5 Magnitudo Guncang Kota Sukabumi, Getaran Terasa Sampai Bandung

POTENSINETWORK.COM — Gempa bumi 5.5 Magnitudo mengguncang Kota Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022).

Getaran gempa bumi yang terjadi sekitar pukul 10.00 WIB itu, juga dirasakan warga di daerah Bandung Raya dan sekitarnya. Seperti dirasakan Yasa warga Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.

Yasa dan warga lainnya, berhamburan ke luar rumah setelah merasakan guncangan gempa yang cukup kuat. “Terasa dua kali guncangan selama beberpa detik, yang kedua lebih keras, sehingga saya yang sedang tiduran langsung ke luar rumah karena takut,” kata Yasa (25).

Baca Juga  Gubernur Harap Dana CSR 2022 Makin Besar

BMKG baru saja merilis, pusat gempa terjadi di kedalam 10 km, 7.94 Libtang Selatan (LS), 106.94 Bujr Timur (BT). Lokasi gempa di 113 km Tenggara Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Peta Guncangan (Shakemap)/BMKG

Menurut BMKG, gempa tersebut
tidak berpotensi Tsunami.

BMKG juga menyarankan agar hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

Dalam RILISNYA BMKG menyebutkan pula, Pusat gempa berada di laut 113 km Tenggara Kota Sukabum, gwtarnnyab dirasakan (Skala MMI), antara lain : III Garut, IV Cianjur, II-III Lebak Selatan, II Jakarta, II Banjar, II Bandung Barat, II Bekasi, III Bayah, III Panimbang, III Pandeglang, II-III Cilegon, II Tangerang Selatan, IV Pelabuhan Ratu, II-III Sukabumi, II Bandung, II Depok, II Serang, II Purwakarta.***