Invasi, Tim Haas F1 Akhiri Kontrak dengan Pembalap Nikita Mazepin dan Promotor Grand Prix Rusia

Poto Reuters/tangkapan layar CNBI

POTENSINETWORK.COM – Tim Haas F1 memutuskan untuk memutuskan kontrak dengan pembalap Rusia Nikita Mazepin dan sponsor utama Uralkali di tengah invasi Rusia ke Ukraina.

Mazepin bersiap untuk berkompetisi di musim keduanya di F1 setelah membalap untuk Haas sepanjang tahun 2021.

“Tim Haas F1 telah memilih untuk mengakhiri, dengan segera, kemitraan gelar Uralkali, dan kontrak pengemudi Nikita Mazepin,” kata tim tersebut dalam sebuah pernyataan, dikutip dari CNBCI/CNN, Minggu (6/3/2022).

Tim Haas juga mengungkapkan, seperti komunitas Formula 1 lainnya, tim terkejut dan sedih dengan invasi ke Ukraina dan berharap konflik ini cepat dan damai diakhiri. Rencananya, pembalap pengganti diperkirakan akan diumumkan minggu depan.

Baca Juga  Ketegangan di Ukraina Bisa Picu Perang Dunia 3, Ini Cara Agar Selamat dari Ancaman Nuklir

Dalam sebuah pernyataan di media sosial, Mazepin mengatakan dia “kecewa” dengan keputusan itu.

“Meskipun saya memahami kesulitannya, keputusan dari FIA (badan pengatur motorsport) ditambah kesediaan saya untuk menerima kondisi yang diusulkan untuk melanjutkan adalah benar-benar diabaikan dan tidak ada proses yang diikuti dalam langkah sepihak ini,” kata Mazepin.

“Kepada mereka yang telah mencoba memahami, terima kasih abadi saya. Saya telah menghargai waktu saya di F1 dan benar-benar berharap kita semua bisa bersama lagi di waktu yang lebih baik. Saya akan memiliki lebih banyak hal untuk dikatakan dalam beberapa hari mendatang,” pungkasnya.

Baca Juga  Nakes RSUD Cikalong Mogok Kerja Tuntut Upah, Pelayanan Sempat Terhenti