Jabar Tempat Pertama Pabrik Mobil Listrik Indonesia

Ilustrasi.(Foto: caroline.id)

POTENSIMETWORK.COM – Provinsi Jawa Barat menjadi tempat pertama berdirinya pabrik mobil listrik Ioniq 5 di Indonesia.

Selain sumber daya manusia yang produktif, infrastruktur penunjang menjadi salah satu kekuatan yang tak dimiliki oleh provinsi lain.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyaksikan peresmian Pabrik Hyundai (PT Hyundai Motor Manufakturing Indonesia) di Kecamatan Bojongmanggu, Kabupaten Bekasi, Rabu (16/3/2022).

Pabrik ini memproduksi mobil listrik Hyundai Ioniq 5.

Keberadaan pabrik mobil listrik tersebut diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo ditandai dengan menekan tombol sirine. Setelah itu, beberapa mobil listrik Ioniq 5 yang telah diproduksi secara simbolis berjalan di atas aspal kawasan Pabrik Hyundai.

Baca Juga  Menkeu: Pajak Instrumen Penting Saat Susah dan Senang

Menurut Jokowi, kehadiran pabrik mobil listrik ini menjadi momentum transisi penggunaan kendaraan yang berbahan bakar fosil menjadi mobil yang ramah lingkungan.

“Hari ini saya datang ke Bekasi untuk menyaksikan dan meluncurkan mobil listrik Ioniq 5. Momen yang terus saya tunggu-tunggu karena kita ingin segera melakukan transisi besar-besaran dari mobil yang menggunakan bahan bakar fosil ke mobil listrik yang ramah lingkungan,” ucap Jokowi.