Jalan Layang Pasupati Bandung Ganti Nama Jadi Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja

Jalan Mochtar Kusumaatmaja. (Foto: humas bandung)

POYENSINETWORK.COM – Jalan Layang Pasupati Bandung mulai hari ini resmi berganti nama. Jalan layang ikonik Kota Bandung ini kini memiliki nama baru, yakni Jalan Prof Mochtar Kusumaatmadja.

Pergantian nama diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di Gedung Inspektorat Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung, Selasa (1/3/2022).

Turut hadir dalam acara peresmian Sekretaris Daerah Provinsi Jabar Setiawan Wangsaatmaja; tokoh Sunda, Popong Otje Djundjunan; Ketua Kwartir Daerah  Pramuka Jabar, Atalia Praratya Ridwan Kamil; Plt Wali Kota Bandung, Yana Mulyana; hingga perwakilan dari keluarga Prof Mochtar Kusumaatmadja.

Baca Juga  Sejumlah Kebijakan Dipandang Kurang Tepat, Pemkab Bandung Barat, Didemo Warga

“Hari ini secara resmi Jalan Layang Pasteur- Surapati diganti dan diberi nama Jalan Layang Profesor Mochtar Kusumaatmadja,” kata Ridwan Kamil.

Menurut dia, pemberian nama Prof Mochtar Kusumaatmadja sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasanya kepada Indonesia dan Jawa Barat lewat Wawasan Nusantara di kancah internasional.

Wawasan Nusantara, menurut dia, merujuk pada cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya sebagai negara kepulauan dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah. Wawasan Nusantara tercetus dari gagasan batas teritorial Laut Indonesia melalui Deklarasi Djuanda pada 1957.

Baca Juga  Petani Kesulitan Pupuk, Terjadi Sejak ada Kartu Tani

Namun, lanjutnya, pada tahun 1982, barulah konsep Wawasan Nusantara ini diakui sebagai konstitusi internasional di tingkat Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) berkat perjuangan diplomasi.