Program Bunga Desa, Bupati Banyak Terima Aspirasi Masyarakat

POTENSINETWORK.COM – Bupati Bandung HM Dadang Supriatna menerima sejumlah usulan atau aspirasi dari masyarakat pada saat melaksanakan program Bunga Desa (Bupati Ngamumule Desa) di Desa Cipelah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung, sejak Jumat-Sabtu (4-5/3/2022).

“Pada saat melaksanakan rempug desa, dalam program Bunga Desa adanya perhatian terhadap pesantren. Pesantren ini merupakan tempat untuk pendidikan karakter bagi masyarakat sekitar,” kata Dadang Supriatna di Desa Cipelah, Sabtu (5/3/2022).

Melalui kegiatan itu, imbuhnya, ada perhatian terhadap para pelaku usaha dan mayoritas para petani di Kecamatan Rancabali itu, di antaranya untuk pengembangan IKM (Industri Kecil Menengah).

Baca Juga  Pemkab Bandung Raih Opini WTP Keenam Kali, Bupati Berikan Hadiah Pantun 'Baredas'

“Pelaku usaha IKM di Kecamatan Rancabali ini, di antaranya usaha gula aren. Kelompok usaha gula aren ini membutuhkan alat. Nanti kita akan anggarkan, supaya kelompok usaha gula aren ini mendapatkan bantuan untuk peralatan,” tutur Bupati Dadang Supriatna di Desa Cipelah, Sabtu (5/3/2022).

Tak hanya berbicara IKM, Kang DS, biasa pria ini disebut, mengungkapkan di Kecamatan Rancabali ada tiga desa yang blanckspot, di antaranya Desa Cipelah. “Kita prioritaskan, di Desa Cipelah ini sudah diberikan bantuan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Baca Juga  Sekarang nonTunai, Didhub KBB Luncurkan el-Parking

Masyarakat tidak usaha mengurus pembuatan e-KTP ke Soreang, cukup di Desa Cipelah saja,” ungkapnya.

Pada tahun 2022 ini, kata Kang DS, pihaknya akan memberikan bantuan tambahan berupa ADM di Desa Sukaresmi Kecamatan Rancabali untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat sekitar dalam mengurus identitas kependudukan. “Nantinya, masyarakat tidak usaha membuat e-KTP ke Soreang,” katanya.