Teken Pakta Integritas, Bupati Bandung Intruksikan Seluruh PD Jalankan Kegiatan Sesuai Perpu

POTENSINETWORK.COM — Guna mencegah tindak pidana korupsi, Bupati Bandung Dadang Supriatna bersama 27 kepala daerah lainnya menandatangani Pakta Integritas tentang Pencegahan Korupsi Terintegrasi bersama Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil.

Sebagai bentuk keseriusannya, Dadang menginstruksikan seluruh perangkat daerah (PD) untuk menjadikan peraturan perundang-undangan sebagai landasan dalam melaksanakan kegiatan pembangunan daerah.

“Selama masih sesuai dengan regulasi, tidak usah takut menggunakan langkah-langkah dan inovasi untuk pembangunan daerah kedepannya,” ungkap bupati di sela kegiatan tersebut di Aula Barat Gedung Sate, Bandung, Kamis (10/3/2022).

Baca Juga  Polda Jabar Musnahkan Sabu Senilai Rp 1,43 Triliun, Diselundupkan Melalui Pangandaran

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menuturkan pakta integritas tersebut merupakan komitmenya dalam memperbaiki Indeks Pemberantasan Korupsi dengan tindakan pencegahan dari dalam pemerintahan.

“Dari pemberitaan media, pemberantasan korupsi mayoritas dari bentuk penindakan. Nah, supaya tidak terjadi hal itu, maka kita berikhtiar menutupi lubang-lubang potensi terjadinya praktik seperti itu (korupsi),” kata Kang Emil, sapaan akrabnya.

Dalam sambutannya, Ridwan Kamil juga memberikan arahan kepada para Pemimpin Kota dan Kabupaten di Jabar agar turun langsung dalam penanganan, sehingga indeks mengenai pemberantasan korupsi bisa turun.

Baca Juga  DPRD dan Gubernur Jabar Setujui CPDOB Tasikmalaya Selatan, Cianjur Selatan, dan Garut Utara

“Ada beberapa indeks naik turun itu karena pemimpinnya tidak turun. Kalau pemimpinnya turun, satu rombongan birokrasinya semangat. Tapi kalau pemimpinnya diam saja, nggak ngecek, nggak pernah ke lapangan, nggak memotivasi, pasti saya monitor indeksnya biasa-biasa saja,” imbuhnya.***