Arab Saudi Tetapkan Syarat Ibadah Haji Tahun ini, di Antaranya Usia 65 tahun ke Bawah

Ilustrasi. (Foto: suaramuslim.net)

POTENSINETWORK.COM – Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan bahwa penyelenggaraan haji 1443 H akan diikuti 1 juta jemaah dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Namun, karena masih pandemi, Saudi juga menetapkan syarat bagi jemaah yang akan berangkat haji.

Pertama, haji tahun ini terbuka untuk mereka yang berusia di bawah 65 tahun dan telah menerima vaksinasi lengkap covid-19 yang disetujui Kementerian Kesehatan Saudi.

Kedua, jemaah yang berasal dari luar Saudi wajib menyerahkan hasil tes PCR negatif covid-19 yang dilakukan dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan ke Arab Saudi.

Baca Juga  Puluhan Unit Rumah Rusak Dihantam Angin Kencang, di Antaranya di Purwakarta

“Keputusan pemerintah Arab Saudi ini tentunya harus diikuti.

Namun, penyampaian yang efektif kepada masyarakat juga perlu dilakukan,” katà Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemeng, Hilman Latief, pada Rapat Koordinasi dan Kunjungan Kerja Komisi VIII DPR RI di Asrama Haji transit Yogyakarta, Minggu (17/4/2022).

Untuk itu, Hilman mengimbau Kanwil Kemenag Provinsi mensosialisasikan kebijakan Arab Saudi ini secara efektif agar bisa dipahami oleh jemaah haji.

“Yogja ini memang istimewa, terkenal dengan tingkat harapan hidup yang tinggi, sehingga jumlah lansia juga tertinggi. Dengan adanya batasan usia lansia, mohon ini bisa dijadikan langkah langkah yang baik agar dapat meyakinkan masyarakat,” pesan Hilman

Baca Juga  Sammy Tuding Aliran Dana Es Doger Janggal, Gibran: Hanya Cari-cari Kesalahan

Sehubungan kebijakan pembatasan lansia bagi jemaah haji tahun ini, Hilman berharap dukungan Komisi VIII DPR RI agar pada pelaksanaan haji 2023, keberangkatan jemaah lansia dapat diprioritaskan.***