BPN Belum Tahu Soal Tanah Pengganti yang dijanjikan Geodipa

POTENSINETWORK.COM- Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bandung, Ir. Julianto mengakui, pihaknya belum pernah menerima surat pengajuan dari PT Geodipa Energi (Persero) tentang tanah pengganti.

“Belum, saya belum tahu, ” jelasnya ditemui saat melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke bidang pelayanan BPN Kabupaten Bandung, Senin (11/2).

“Memang pernah ada orang dari Geodipa datang ke sini, tapi tidak mengajukan apa – apa cuma say hello aja.” tambahnya.

Menurutnya, lahan yang digunakan oleh Geodipa merupakan lahan hutan jadi ada penggantinya. Dalam proses pengadaan lahan pengganti BPN akan terlibat, selain untuk identitas lahan minimal dalam pengukuran.

Baca Juga  Sarana Umum di Kab Bandung belum Ramah Disabilitas, DPRD berniat terbitkan Perda

Sebelumnya diberitakan, untuk pengembangan proyek Patuha 2, Geodipa membuka kawasan hutan di blok 9a dan 9b Ciputri, Desa Sugihmukti, Pasirjambu, Kabupaten Bandung, seluas 2,85.hektar.

Project Asisten Manager Patuha 2, Aditya Rahman, mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan lahan pengganti di Sugihmukti se luas 6,1 hektar.

“Kewajiban kami sebenarnya hanya 2 X luas lahan hutan yang digunakan, tetapi kami menyiapkan lebih. Lahan itu siap untuk dihutankan kembali,” tuturnya.