Hari Jadi ke-381 Kabupaten Bandung, Ketua DPRD Harapkan Masyarakat Semakin Maju dan Sejahtera

Rapat Paripurna Hari Jadi ke 381 Kabupaten Bandung, di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Bandung, Rabu (20/4/2022). Poto: Dra

POTENSINETWORK COM — Pemerintah Kabupaten Bandung, Rabu (20/4/2022) menggelar peringatan Hari Jadi yang ke-381 Kabupaten Bandung. Peringatan diawali upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bandung di Lapangan Upakarti Komplek Pemkab Bandung, di Soreang. Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Bandung HM Dadang Supriatna.

Tidak ada perayaan besar-besaran atau pesta rakyat saat peringatan HUT tersebut, karena selain bertepatan bulan suci Ramadhan, juga saat ini masih dalam situasi pandemi Covid 19.

Selesai menggelar upacara peringatan, acara dilanjutkan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bandung, di Gedung Paripurna. Rapat Paripurna Peringatan Hari Jadi ke-381dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Bandung H Sugianto.

Hadir dalam sidang paripurna, Bupati Bandung HM Dadang Supriatna, Wakil Bupati Bandung H Sahrul Gunawan, Asisten Umum Daerah Provinsi Jawa Barat mewakili Gubernur Jabar, para Wakil Ketua DPRD berserta anggota, dan Forum Komonikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bandung, Mantan Bupati Bandung, para camat, kepala desa dan tamu undangan lainnya.

Dalam pemaparan pembukaan rapat paripurna, Ketua DPRD Kabupaten Bandung H Sugianto, menyampaikan rasa syukur atas Kabupaten Bandung yang hari ini memasuki usia 381 tahun.

Baca Juga  Soal Pergantian Wali Kota, Yana Ikuti Sesuai Prosedur

“Kita ucapkan rasa syukur yang tiada henti-hentinya kita panjatkan kepada Alloh SWT bahwa Rabu 20 April 2022, Kabupaten Bandung memasuki usia yang ke-381. Untuk itu saya atas nama pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bandung mengucapkan selamat hari jadi yang ke-381 kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bandung,” kata Sugianto saat membuka rapat paripurna.

Sugianto juga mengharapkan dengan hari jadi yang ke-381, masyarakat Kabupaten Bandung semakin maju, dan sejahtera, juara lahir batin.

“Kita pun patut menyampaikan penghormatan yang setinggi-tingginya atas perjuangan pendahulu kita yang telah memperjuangkan Kabupaten Bandung sebagai salah satu kabupaten termaju di Indonesia,” ucapnya.

Terus Fokus Bekerja dan Transparan

Sementara dalam kesempatan tersebut Bupati Bandung HM Dadang Supriatna, menyampaikan, diantaranya soal capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Bandung pada tahun 2021, yaitu 72,73 poin atau mengalami kenaikan sebesar 0,34 poin dari nilai IPM pada tahun 2020 yaitu 72,39 poin. Capaian IPM itu antara lain melalui kontribusi indeks pendidikan 65,51 poin, indeks kesehatan 82,65 poin serta indeks pengeluaran (daya beli) 71,06 poin.

Baca Juga  Pemkot Bandung Imbau Penduduk Pendatang Bikin SKTS

“Saya ucapkan terimakasih kepada jajaran Pemkab Bandung dan seluruh masyarakat, sehingga capaian ini terus membaik dan insyaAllah kita akan terus fokus bekerja dan transparan dalam proses pembangunan Kabupaten Bandung yang semakin bangkit,” imbuh bupati.

Mengenai capaian indikator pendidikan, tutur Dadang Supriatna, direpresentasikan dengan angka Harapan Lamanya Sekolah (HLS) dan angka Rata-Rata Lamanya Sekolah (RLS). Angka HLS Kabupaten Bandung tahun 2021 sebesar 12,7 tahun, meningkat dari tahun 2020 sebesar 12,6 tahun. Angka RLS Kabupaten Bandung tahun 2021 sebesar 9,07 tahun mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun 2020 sebesar 8,96 tahun. Pada tahun 2023 akan target angkat rata-rata lama sekolah (rls) Kabupaten Bandung meningkat menjadi 10 tahun.

Sementara dibidang ekonomi, kinerja perekonomian Kabupaten Bandung pada tahun 2021 digambarkan oleh LPE (laju pertumbuhan ekonomi) pada tahun 2021 tercatat 3,56%, mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2020 yang tercatat minus sebesar -1,80%.

Menurutnya, Hari Jadi ke-381 Kabupaten Bandung merupakan momentum yang sangat penting bagi kita untuk melakukan evaluasi demi menjadikan Kabupaten Bandung yang lebih baik.

Baca Juga  Petani Penggarap Tak Setuju Disebut Penyerobot atau Perambah, LSM Jawara Sampaikan 5 Rekomendasi kepada Dewan

Dengan visi pembangunan daerah yaitu ”Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Bandung yang Bangkit, Edukatif, Dinamis Agamis dan Sejahtera”. “Maka dalam kesempatan ini saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bandung untuk terus ikut berperan aktif dalam proses membangun bersama Kabupaten Bandung yang kita cintai ini,” tutur bupati.

Bupati mengatakan, sebagai masyarakat Kabupaten Bandung, tentunya Hari Jadi ke-381 Kabupaten Bandung ini dijadikan sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk terus melanjutkan perjuangan memajukan daerah.

“Melalui kinerja produktif, prestasi demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan Kabupaten Bandung yang BEDAS, sebagaimana tema peringatan Hari Jadi Kabupaten Bandung ke 381 tahun yaitu “Bangkit Bersinergi Membangun Kabupaten Bandung Bedas”, ungkap bupati.

Kepada masyarakat Kabupaten Bandung dirinya mengimbau agar tetap mematuhi prokes dimanapun berada. Bagi warga yang melaksanakan mudik, agar melakukan vaksin booster, sebagai upaya bersama dalam memerangi penularan covid-19.***