Pengakuan Bara JP, Pengusaha Nasional dan Daerah Biayai Kampanyekan Dukung Jokowi 3 Periode

Kampanye Jokowi 3 periode di Desa Mekar Jaya, Tangerang, Banten, Kamis, 24 Maret 2022, yang dibagikan salah satu relawan pendukung, Koalisi Bersama Rakyat Indonesia (Kobar). Tangkapan layar/ist.

POTENSINETWORK.COM – Dibalik kelompok pendukung Jokowi Widodo (Jokowi) tiga periode ternyata banyak pengusaha nasional dan daerah. Hal ini terungkap dari keterangan Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) yang menjadi salah satu kelompok pendukung giat mengkampanyekan Presiden Joko Widodo atau Jokowi 3 periode. Mereka getol mengkapanyekan Jokowi 3 periode sejak Februari 2022.

Bara JP tak lain adalah kelompok relawan yang sudah mendukung Jokowi sejak Pemilu 2014. Namun kelompok Bara JP ini tidak menyebutkan secara rinci siapa saja pengusaha nasional dan daerah yang turut membiayai kampanye dukung Jokowi 3 periode itu. Hanya saja para pengusaha ini yang patungan sebagai penyandang dana.

Ketua Umum Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Utje Gustaaf Patty menyatakan satu deklarasi Jokowi 3 periode membutuhkan biaya sekitar Rp 50 juta. Ia bercerita, dana itu didapat dari hasil patungan atau sumbangan pengusaha nasional dan daerah.

Baca Juga  Kasad Kunjungi Rumah Korban Dua Sejoli, Bupati Bandung Apresiasi

“Banyak pengusaha daerah mendukung Pak Jokowi sejak lama,” kata dia dikutip dari laporan Majalah Tempo, Senin, 4 April 2022. Terkadang pengusaha juga menyiapkan makanan dan minuman atau kaus.

Ia meyakini Jokowi juga memantau gerakan relawan yang menginginkan penundaan pemilu atau penambahan masa jabatan presiden. Utje pun percaya deklarasi kesetiaan kepada Jokowi akan berujung pada dukungan perpanjangan masa jabatan presiden atau penambahan satu periode.

Maklumat loyalitas kepada Jokowi dilakukan Bara JP dan kelompok sukarelawan lain di berbagai daerah. “Kalau konstitusi diubah menjadi tiga periode atau pemilu ditunda, Pak Jokowi pasti juga akan taat konstitusi,” kata dia.

Baca Juga  Sejajar dengan Petinggi Negeri, Kementerian PANRB Sebut Yana Pemimpin Perubahan

Utje juga punya alasan mendukung Jokowi bisa lebih lama menjabat. Dalihnya karena program seperti Ibu Kota Nusantara (IKN) dan implementasi UU Cipta Kerja bisa berantakan jika terjadi pergantian kepala negara.***