News  

Secara Faktual Penggantian Lahan Hutan yang Digunakan Geodipa baru sebatas Rencana

POTENSINETWORK.COM – Penggantian lahan hutan lindung petak 9a dan 9b blok Ciputri, Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, yang dibuka PT Geodipa Energj (Pesero), nampaknya hanya hisapan jempol.

Karena jelas Anggota DPRD Kabupaten Bandung, H.Dasep Kurnia, secara faktual lahan yang dijanjikan hingga saat ini belum ada.

Seperti diberitaka sebelumnya, untuk pengembangan PLTP Patuha 2, Gedodipa membuka hutan lindung petak 9a dan 9b di Desa Sugihmukti, Pasirjambu suluas 2, 85 hektar.

Pihak Geodipa menegaskan, pihaknya sudah menyiapkan lahan pengganti seluas 2x lipat dari kawasan hutan yang digunakan. Bahkan lahan tersebut, siap untuk dihutankan kembali.

Baca Juga  Rahmawati Juara Lomba Nyanyi POP Sunda IKWI dan PWI Jawa Barat

“Secara faktual penggantian lahan i tersebut baru rencana, karena sampai saat ini Geodipa belum menyediakannya ,” jelas Dasep di Soreang,Jumat (8/4).

Padahal ujarnya, pembukaan kawasan hutan lindung petak 9a dan 9b bukan baru rencana, tetapi Perusahaan BUMN itu sudah melakukannya.

Selain itu Dasep menegaskan, kehadiran perusahaan panas bumi rersebut, secara ekonomis tidak memberikan nilai tambah, khususnya bagi masyarakat di tiga desa, di antaranya ; Desa Sugihmukti, Alamendah sebagai daerah penyangga.