Target Persib di Piala AFC 2023 Dibawah Persaingan Ketat Klub-klub Elite Asia

Persib Bandung/Robert Alberts © PERSIB.co.id/dok.

Catatan D.Ruswandi (Editor Potensinetwork.com)

POTENSINETWORK.COM — PERSIB Bandung akan melakoni debutnya di Piala AFC 2023, setelah keluar sebagai runner up pada kompetisi Liga 1 Indonesia 2021/2022.

Kini klub asuhan pelatih Robert Alberts itu tengah mematangkan persiapan menuju laga bergengsi di Asia. Di Piala AFC, tentunya Persib memiliki target untuk meraih hasil positip ditengah persaingan ketat klub-klub elite negara Asia.

Seperti diketahui, Piala Asia AFC 2023 adalah edisi ke 18 turnamen sepak bola Piala Asia AFC. Turnamen ini akan diselenggarakan oleh China. Turnamen ini akan melibatkan 24 tim nasional, termasuk negara tuan rumah.

Saat kualifikasi Piala AFC 2023 ini, Serdadu Tridatu (Bali United) sebagai juara Liga 1 2021/2022 ditunjuk bersama Persib Badung yang sebelumnya keluar sebagai runner up Liga 1.

Soal target di piala AFC 2023 diungkapkan Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, yang telah mampu menghantarkan Pangeran Biru ke panggung Asia setelah menempati peringkat runner up Liga 1 2021/2022.

Tampil di Piala AFC bukan pengalaman pertama bagi Persib. Di tahun 2015 lalu, Persib menembus babak 16 besar.

Baca Juga  Persikabo 1973 Raih 3 Poin Atas Persebaya, Macan Putih Ditekuk Persita 0-2

“Ya, kami akan bermain di Piala AFC dan meraih hasil positif di turnamen itu. Sebagai pelatih, target saya adalah menjalaninya secara setahap demi setahap. Kami ingin menjadi tim yang berkembang semakin tangguh. Sudah seharusnya, Persib bermain di turnamen itu setiap tahunnya,” kata Robert, seperti ditulis di laman Persib.

Robert meyakini, target untuk bisa mengukir pencapaian yang lebih baik bisa terwujud, berkat dukungan luar biasa dari bobotoh. Hal ini yang menjadi motivasi besar bagi Achmad Jufiryanto dkk.

“Dukungan fantastis bobotoh seharusnya menjadi latar belakang Persib untuk bermain di Piala AFC setiap tahunnya. Itulah yang hilang selama ini dan tentunya, kami senang bisa kembali bermain di turnamen itu,” ungkap pelatih asal Belanda ini.

PT Persib Bandung Bermartabat kini telah menyiapkan amunisinya dengan mendatangkan pemain baru yang dinilai potensial dan mampu bersaing di kancah internasional.

Baca Juga  Persib Gelar Sampurasun Sambut Tiga Laga Terakhir, Bersama Bobotah dan Mantan Pemain

Tak tanggung, saat ini Persib tidak memperpanjang kontrak 12 pemainnya yang telah mengantarkan Persib di peringkat atas Liga 1 Indonesia, namun dinilai sudah kurang layak lagi untuk dipertahankan. Mereka diganti dengan pemain muda berbakat. Sebut saja yang baru direkrutnya, Arsan Makarin Al Haq.

Persib mengumumkan perekrutan Arsan dari Bandung United, klub yang merupakan wadah pemain binaan Diklat Persib berusia mayoritas di bawah 23 tahun. Bandung United sendiri berlaga di Liga 3 2021 lalu.

Kemudian ada Ciro Alves (striker), David Kevin Rumakiek (bek sayap),
Eriyanto (bek sayap), Fitrul Dwi Rustapa (kiper). Skuad baru Persib ini diharapkan mampu bersaing dengan tim-tim kelas Asia yang nota bene lebih mumpuni.

Diketahui bahwa skuad Persib selain mendatangkan pemain anyar, juga ada 26 pemain yang masih dipertahankan dari 33 jumlah pemain.

Berikut daftar pemain Persib di Liga 1 musim 2021-2022 yang masih tersisa:
1. Nick Kuipers
2. Bayu Fiqri
3. Kakang Rudianto
4. Beckham Putra
5. Abdul Aziz
6. Dedi Kusnandar
7. Henhen Herdiana
8. Febri Hariyadi
9. Teja Paku Alam (kiper)
10. Dimas Juliono Pamungkas
11. Achmad Jufriyanto
12. Ferdiansyah
13. Frets Butuan
14. Marc Klok
15. David da Silva
16. Zalnando
17. Ezra Walian
18. Victor Igbonefo
19. Adzikry Fadillah
20. Faris Abdul
21. Ridwan Ansori
22. I Made Wirawan (kiper)
23. Syafril Lestaluhu
24. Fadri Sidiq (kiper)
25. Erwin Ramdani
26. Diandra Diaz Dewari

Baca Juga  Panen Kartu Kuning, Marc Klok Kembali Dilarang Bermain Lawan Madura United

Daftar pemain anyar Persib:
1. Ricky Kambuaya (gelandang)
2. Rachmat Irianto (gelandang)
3. Ciro Alves (striker)
4. David Kevin Rumakiek (bek sayap)
5. Fitrul Dwi Rustapa (kiper)
6. Arsan Makarin (promosi dari Bandung United)
7. Eriyanto (bek sayap)

Daftar pemain yang dilepas Persib:
1. Esteban Vizcarra
2. Gian Zola
3. Indra Mustafa
4. Supardi Nasir
5. Mario Jardel
6. Bruno Cantanhede
7. Puja Abdillah
8. Dhika Bhayangkara
9. Ardi Idrus
10. Mohammed Rashid
11. Deden Natshir
12. Aqil Savik.***