Dirgahayu RI, Disdik Kabupaten Bandung Adakan Perlombaan Tradisonal

POTENSINETWORK.COM — Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung mengadakan berbagai perlombaan dalam kegiatan rangkain peringatan HUT ke-77 Kemedekaan RI.

“Rangkaian kegiatan ini kita prinsipnya bersyukur atas kemerdekaan ini. Kedua dalam rangka meningkatkan kesatuan dan persatuan diantara kita, kita pun tetap melakukan yang sifatnya hiburan tapi menumbuhkan rasa kebersamaan seperti perlobaan yang biasa dilakukan setiap tgl 17,” papar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung H Ruli Hadian, saat ditemui disela perlombaan di halaman Kantor Disdik Kabupaten Bandung, Soreang, Jumat (19/8/2022).

Perlobaan, tutur Ruli, diantaranya lomba bakiak, lomba tarik tambang dan lainnya, dengan harapan adanya kegiatan ini terjalin rasa kebersamaan diantara karyawan/karyawati Disdik Kabupaten Bandung.

“Mudah-mudahan dengan adanya perlombaan ini semua karyawan karyawati Disdik selain peringatan kemerdekaan, ada rasa kebersamaan, untuk besatu, sehingga peran program dinas pendidikan betul-betul bisa berjalan lancar dan bisa mendukung program Bupati Bedas,” ungkap Ruli.

Baca Juga:  Bunga Desa, Sarana Pemkab Bandung dengar Aspirasi Rakyat

Ruli berpesan kepada seluruh karyawan karyawati Disdik, termasuk tenaga pendidik maupun perserta didik untuk tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat.

“Meskipun pandemi sudah melandai tapi kita ibgat pandemi belum seluruhnya selesai, artinya pemerintah belum mencabut aturan covid 19, untuk itu saya meminta seluruhnya menjaga kesehatan dengan pola hidup bersih dan sehat, meskipun ada sebagian tidak menggunakan masker tapi dengan pola hidup bersih dan sehat InsyaaAlloh akan terhidar dari berbagai penyakit termasuk covid 19,” ujar Ruli.

Mengenai kegiaatan belajar mengajar pada ajaran baru, Ruli mengharapkan, bisa dilakukan pembelajaran tatap muka. Karena dengan tatap muka ilmu llmu yang disampaikan tenaga pendidik pada peserta didik akan cepat tersampaikan. “Kalau kita lihat pada pembelajaran kondisi sebelumnya dalam situasi pandemi, ada sebuah kondisi yang kurang maksimum yang diterima peserta didik maupun dalam pembelajarannya oleh tenaga pendidik. Mudah-mudahan dengan kondisi sekarang bisa meniggkatkan kualitas, sehingga apa yang kita harapkan dalam pendidikan anak-anak betul-betul sesuai harapan,” terangnya.

Baca Juga:  Cakades Tinco Mannahawu Ajak Masyarakat Kedepankan Pemilu Sipakatau, Sipakalebbi, Sipakaing

Ruli juga menyampaikan slogan yang bisa membangkitkan rasa kebersamaan dengan slogan; Kabupaten Bandung bangkit, edukatif, dinamis agamis, sejahtera, Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, bedas, bedas, bedas, bedaskeun, Indonesia merdeka, pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, merdeka”.

Sementara, Sekretaris Pendidikan Kabupaten Bandung H , Nanang, dalam kesempatan itu menyampaikan, perlombaan ini sebagai rasa syukur dalam rangkaian HUT RI, dengan berbagai perlombaan. “Meski upacaranya sudah lewat hari ini rangkaiannya yang dilakukan dinas, instansi, hanya waktunya berbeda-beda, kebtulan Disdik hari ini pelaksanaannya,” ucap Nanang.

Perlomban, tuturnya, lebih dititikberatkan pada olaraga tradisional, dimana salah satu program unggulan bupati yaitu mencintai bahasa Sunda berikut budayanya. “Dan InsyaaAlloh dalam kegiatan tradisional ini karena kita juara di tingkat provinsi, kita mewakili Jawa Barat di Palembang, bulan depan atau September akan diadakan Porkab Kabupaten Bandung untuk masyarakat Kabupaten Bandung, untuk olahraga tradisional,” imbuhnya.

Baca Juga:  Dasep: Jangan Jerat Pedagang dengan Utang Baru

Kepala Bidang PAUD Disdik Kab. Bandung H. Eman Sulaeman mengatakan, untuk kegiatan hari ini Disdik dalam memeriahkan HUT ke 77 RI di lingkungan Disdik mengadakan perlombaan, seperti lomba tarik tambang, bakiak, karoke, lomba joged dengan menggunakan balon di kepala.

“Makanya, kita pertama mensyukuri nikmat yang telah dibrikan Alloh SWT yang alhamdulillah kemerdekaan sudah ke 77, kemudian yang kedua dalam rankka refresing yang sehari-hari bekerja, mudahmudahan dengan kegiatan ini sedikit mengurangi beban tentang pekerjaan dengan kegiatn olah raga,’ katanya.
Perlobaan ini, kata dia, diikuti semua bidang, Bidang Kesekretaritan, Bidang PUD, Bidang PNF, Bidang SD dan Bidang SMP.***