Tingkatkan Daya Saing di Pasar Digital, Ratusan Pengusahan IKM Ikuti Bimtek

POTENSINETWORK.COM – Bimbingan teknis (Bimtek) pengembangan kemampuan usaha Industri Kecil Menengah (IKM) digelar di Hotel Sutan Raja Soreang Kabupaten Bandung, Kamis (8/9/2022).

Kegiatan ini merupakan program Kementrian Perindustrian, menindaklanjuti program yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia Jokowi Widodo, untuk meningkatkan kemampuan daya saing pelaku usaha daerah di era digitalisasi.

Acara dihadiri, Dirut PLT, Dinas Perindustrian Provinsi Jawa Barat Rifki Suwandi, Kadis Indag Kabupaten Bandung, Dicky Anugrah, SH., M.Si., dan pihak lainnya.

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Jawa Barat Rifki Suwandi, mengatakan, Bimtek ini digelar untuk memberikan edukasi tentang bagaimana cara dan memasarkannya. Produksi yang bisa masuk kriteria untuk memasuki pasar online. Memberikan pelajaran-pelajaran bagaimana caranya bisa memasarkan lewat dunia online atau pasar digitalisasi, dengan meningkatkan hasil atau kualitas produksi yang bisa diandalkan dan bisa menembus pasar manca negara.

Baca Juga  Pemkab Bandung Gelar OPM Minyak Goreng Curah Rp 10. 500 di Pasar Ciwidey
 

Bimbingan teknis kepada pelaku usaha di wilayah Kabupaten Bandung ada 4 jenis kriteria pelatihan. Dantaranya, peningkatam mutu keamanan pangan, bahan bangunan, workshop pasar smart UKM digitalisasi, Bimtek pengetahuan depot air minum sesuai standar peraturan yang berlaku untuk aman konsumsi.

Rifki Suwandi mengatakan, sesuai instruksi Presiden Joko Widodo para pelaku usaha iIndustri Kecil dan Menengah (IKM) diberikan bimbingan atau pembekalan materi supaya bisa dapat bersaing di pasar online.

“Dengan begitu mereka bisa meningkatkan pendapatan mereka, untuk membentuk pengusaha – pengusaha yang handal di era masa depan,” katanya.

Baca Juga  BPJPH-Kemendag Gelar Bimtek Sertifikasi Halal