Apartemen untuk Buruh,Toni ; Dihuni 25 Tahun Bisa Langsung Dimiliki

Toni Permana

POTENSINETWORK.COM- Pemkab Bandung harus memikirkan perumahan untuk buruh. Jadi bukan hanya kenaikan upah, tetapi juga segi papannya.

“Peningkatan kesejahteraan buruh, tidak hanya menaikan upahnya saja, tetapi juga soal perumahannya juga harus diperhatikan,” jelas Anggota DPRD Kabupaten Bandung, Toni Permana di Soreang, Jumat (25/11).

Selama ini ungkapnya, buruh tinggal dikontrakan yang sepetak, segala aktifitas keluarga buruh tersebut dilakukan di situ.

Tetapi jika pemerintah menyiapkan perumahannya, para buruh itu akan tinggal di tempat yang layak. Seperti di rumah susun sewa (rusunawa), selain ada kamar, ruang tamu dan dapur, toilet ( kamar mandi) juga di dalam.

Baca Juga  Bupati Intruksikan BPBD Tangani Rumah Nanih yang Hancur diterjang Longsor

Menurutnya, Pemkab Bandung sangat mungkin membangun rusunawa atau apartemen bersubsidi khusus buruh.

“Pengelolaanya apartemen atau rusunawa itu bisa diserahkan pada serikat buruh, Pemkab Bandung tinggal terima fiinya saja,” kata Toni.

“Itu kan jadi nambah PAD kita. Saya yakin, itu tidak akan rugi sebab biaya sewanya sudah dipotong langsung oleh perusahaan. Tinggal kita kerjasama dengan perusahaan tempat buruh itu bekerja,” sambungnya.