H Ruli Targetkan 2022 Selesai Pembangunan 15 SMPN

POTENSINETWORK.COM – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung H. Ruli Hadiana mengatakan, target pembangunan unit sekolah baru SMP di Kabupaten Bandung tahun ini adalah 15 SMPN.

“Tahun ini yang tersentuh anggaran untuk pembangunan unit sekolah baru 15 SMPN di Kabupaten Bandung, jadi sudah ada 15 SMP yang kita bangun pada 2021-2022,” ujarnya di sela-sela kegiatan peletakan batu pertama pembangunan SMPN 4 Margahayu. (6/11).

Menurut H. Ruli Hadiana, dua SMP sedang pengadaan lahan dan artinya 13 SMP yang sudah terbangun. “Target kita 13 SMP sudah terbangun, tapi anggaran disiapkan untuk 15 SMP. Jadi yang dua SMP saat ini hanya untuk pengurukan saja,” ucapnya.

Baca Juga  Pemda Bisa Beri Bantuan untuk Madrasah, Regulasi Sudah Ada

Dikesempatan yang sama, Bupati Bandung H.M Dadang Supriatna, mengatakan, peletakan batu pertama pembangunan SMPN 4 Margahayu ini merupakan bagian dari rencana pembangunan 28 unit sekolah baru di Kabupaten Bandung.

“Di Desa Sukamenak ini memang keinginan warga masyarakat untuk mendirikan pembangunan SMPN dan bukan keinginan yang baru. Tapi sudah terucap waktu saya jadi Anggota DPRD Kab. Bandung. Dan hari ini, sudah mulai dilaksanakan pembangunan unit sekolah baru SMPN 4 Margahayu,” katanya.

Bupati Dadang Supriatna berharap dengan berdirinya SMPN 4 Margahayu bisa lebih meningkatkan prasarana dan sarana di bidang pendidikan sesuai dengan harapannya, bahwa tahun 2023 mendatang rata-rata lama sekolah mencapai 10 tahun.

Baca Juga  Ribuan Anak Ikuti Wawancara Daring Seleksi Beasiswa Santri, Peserta Difable Tes Baca Kitab

Menurutnya, adanya pembangunan SMPN baru dengan pertimbangan, karena bangunan SMPN di Kecamatan Margahayu masih kurang. Oleh karenanya Bupati Bandung mendukung penuh pembangunan SMPN 4 Margahayu pada lahan seluas 1.700 meter persegi yang berada dilahan carik desa dengan kontruksi pembangunan dua lantai.

“Tahun ini, pembangunannya dimulai dua lokal dengan kontruksi satu lantai. Tapi infrastrukturnya disiapkan untuk dua lantai,” tutur Dadang Supriatna.

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu berpandangan dengan kontruksi dua lantai, diharapkan kedepan bisa menyiapkan 34 ruang kelas baru. Masing-masing tingkatan siswa 10 kelas, selain untuk ruang guru, tata usaha dan laboratorium.

Baca Juga  Rp 700.000/siswa, BPMU Madrasah Aliyah Disamakan dengan SMA dan SMK

Bupati berharap dengan adanya penambahan SMPN ini akan menambah indeks rata-rata lama sekolah di Kabupaten Bandung dengan target 12,9 tahun.

“Sebelumnya rata-rata lama sekolah 8,8 tahun dan meningkat jadi 9,0 tahun. Kami targetkan tahun 2023 rata-rata lama sekolah 10 tahun,” katanya.

Bupati mengatakan untuk meningkatkan rata-rata lama sekolah harus ada langkah nyata yaitu Pemkab Bandung merencanakan membuat 28 unit sekolah baru. Berharap pembangunan sekolah itu segera terwujud dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, untuk meningkatkan rata-rata lama sekolah. (Fendy)